• Sound System dalam Tata Kelola Panggung

    Sound System dalam Tata Kelola Panggung



    Sebuah sound system sudah tidak asing lagi bagi sebagian pengguna event yang membutuhkan sebuah suara yang bisa menghasilkan suara yang lebih keras dan menggelegar. Bila kita bicara secara lebih luas lagi, sebuah sound system juga dapat diartikan sebagai perangkat yang dapat menguatkan sumber suara agar dapat dijangkau secara luas. Suara yang dihasilkan agar dapat didengar oleh orang lain dengan jarak yang lebih luas. 

    Sound system ini juga dapat diterapkan secara outdoor maupun indoor dalam sebuah event yang akan kalian laksanakan. Sound system banyak kita jumpai pada sebuah event, baik sebagai sarana hiburan maupun sebagai sarana pendukung bagi sebuah hajatan. Sering kita jumpai sebuah sound system pada sebuah lapangan yang biasa digunakan untuk sebuah konser dan juga sering kita jumpai pada halaman sebuah rumah untuk sebuah hajatan. Jika kita gunakan sebuah sound system untuk sebuah sarana hiburan seperti konser, pentas seni, dll. 

    Sound system memegang peranan penting dalam tata panggung yang juga sebagai sarana tata lampu selain tata suara yang dihasilkan. Sound system memiliki sebuah pengaturan teknik yang mana digunakan dalam berbagai event yang dilakukan seperti pertemuan, pertunjukan, konser, dll. Sound system dalam peranan seperti ini adalah sebuah bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam tata kelola panggung yang selalu ada dalam setiap event panggung. Sound system juga memiliki sebuah pendukung agar suara yang dihasilkan dapat optimal dengan baik dengan bantuan alat-alat pendukung lainnya. Pengaturan sebuah sound system juga mempengaruhi hasil suara yang akan dihasilkan sehingga akan sangat terdengar keras dengan menggelegar. Sound system sendiri dalam penggunaannya juga harus mempertimbangkan lokasi dan audiens sehingga akan pas untuk didengarkan tidak jomplang antara suara yang dihasilkan dengan audiens yang mendengarkan. 

    Kalian tidak akan pernah terlepas dari sebuah sound system ini karena sound system juga berperan dalam penyampaian sebuah hal penting yang diungkapkan kepada audiens sehingga akan terdengar jelas oleh audiens. Namun kalian juga perlu memilih sebuah sound system dengan kualitas yang baik sehingga hasil suara yang dihasilkan tidak pecah sering kita menjumpai banyak sound system yang sering kali terdengar dentuman keras sehingga akan sangat mengganggu audiens dalam mendengarkan. 

    Maka pemilihan sound system sangat penting agar event berjalan normal dan tata pengelolaan panggung akan sangat optimal. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kalian dalam sebuah tata panggung.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar