• CARA MEMASANG PROYEKTOR SIANG HARI

    CARA MEMASANG PROYEKTOR SIANG HARI

    Mungkin beberapa orang bingung kenapa proyektor dapat memproyeksikan cahaya ke layar atau tembok ( permukaan yang datar ). Bahkan beberapa orang mungkin tidak tahu cara kerja pada proyektor. 

    Cara Kerja

    Alat modern satu ini memanfaatkan pembiasan cahaya pada LCD ( Layar Kristal Cair ) proyektor. Dari pembiasan cahaya tersebut maka dapat dipantulkan oleh proyektor, pantulan itu menghasilkan objek  yang akan disampaikan. Proyektor merupakan suatu alat untuk membantu menampilkan gambar, video maupun data – data lainnya untuk dipresentasikan dari media komputer atau laptop ke sebuah layar atau screen proyektor ataupun bisa juga dengan permukaan datar atau tembok. Keberadaan proyektor yang memiliki banyak fungsi sangat membantu manusia untuk memudahkan pekerjaannya. Misalnya untuk agenda rapat, presentasi di sekolah / kampus, bahkan bisa juga digunakan untuk menampilkan pagelaran yang objeknya jauh sehingga tidak dapat menjangkau audiens yang posisinya tidak dekat.

    Gimana sih jika proyektor dipasang outdoor (luar ruangan) saat siang hari? 

    Tentu hal itu perlu banyak antisipasi supaya apa yang ditampilkan dapat dilihat oleh khalayak umum saat acara berlangsung. Banyak orang yang masih belum memahami saat memasang proyektor di luar ruangan. Perlu adanya penyesuaian dengan kondisi lingkungan tersebut. Supaya dapat meminimalkan cahaya yang menyorot screen maupun proyektor secara langsung. Penggunaan proyektor di luar ruangan tentu berbeda dengan kondisi saat berada di dalam ruangan. Jika di dalam ruangan pencahayaannya yang tidak terlalu terang, sedangkan di luar ruangan cahaya yang ada terlalu terang (sinar matahari). Maka perlu adanya antisipasi untuk meminimalisir hal tersebut terjadi. Untuk itu diperlukan persiapan-persiapan sebagai antisipasi kegagalan saat acara berlangsung.
    Nah berikut ini terdapat tips atau cara untuk memasang proyektor di luar ruangan sebagai upaya antisipasi dan juga untuk memudahkan dalam prosesnya, antara lain :
    • Menggunakan proyektor dengan tingkat kecerahan yang tinggi

    Brightness atau kecerahan proyektor saat berada di luar ruangan sangat dibutuhkan. Minimal proyektor yang digunakan memiliki brightness 5000 lumens. Pengaturan dengan kecerahan yang maksimal akan memperlihatkan gambar yang cerah dan jernih walaupun ada cahaya lain di sekitarnya. Ukuran proyeksi atau layar juga sangat berpengaruh, maka perlu disesuaikan. Supaya audiens dapat memahami keseluruhan informasi atau konten yang ditampilkan. Misalnya layar yang digunakan berukuran 12 meter persegi maka brightness minimal yang digunakan sebesar 5000 lumens.
    • Memilih proyektor dengan resolusi HD

    Sebaiknya menggunakan proyektor yang memiliki resolusi HD, sebab hal itu dapat mengimbangi cahaya yang berasal dari sumber lain (matahari atau lampu). Jika tidak terdapat proyektor dengan resolusi HD terdapat alternatif lain yang bisa di gunakan, yaitu menggunakan proyektor dengan resolusi XGA atau WXGA. Memang resolusinya tidak setajam HD, tetapi setidaknya dapat memperlihatkan informasi atau konten yang disajikan. Apalagi sampai saat ini belum ada proyektor yang dikhususkan untuk kebutuhan outdoor, maka perlu diakali dengan beberapa cara.
    • Perhatikan layar yang akan dipasang

    Perlu diperhatikan penggunaan screen yang akan digunakan. Pilihlah yang praktis, seperti portable sc. Sebab layar yang akan dipasang harus disesuaikan dengan kebutuhan acara tersebut.

    Itulah cara untuk memasang proyektor di luar ruangan, sebagai antisipasi pengaturan penempatan proyektor serta screennya dengan tepat. Walaupun hanya sedikit meminimalisir, sebab tidak bisa dipungkiri jika proyektor berada diluar ruangan tidak begitu jelas terlihat.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar