• Mengatasi Proyektor Bermasalah : cara mudah mengatasi Tampilan Proyektor yang berubah warna


    Mengatasi masalah proyektor (LCD Projector): 1. Proyektor yang berubah warna.

    Hallow gaes.. apa kabar hari ini, jangan lupa selalu bersyukur gaes kita masih bisa menghirup udara segar dengan sangat GRATIS.!! Dan masih bisa membaca artikel ini tentunya.
    Oke gaes, kali ini kami akan membahas tentang " bagaimana cara mengatasi proyektor bermasalah. khususnya proyektor yang berubah warna".


    source image: hitachiprojector.wordpress.com

    Ketika Anda menggunakan alat- alat elektronik seperti LED Tv, LCD proyektor, Handphone, dll pasti Anda sangat sering menemukan masalah pada tampilan LCD atau Layar nya, dari LcD yang berbintik, bergaris, Blur, atau bahkan Mati secara total. Dan hal itu pasti disebabkan oleh banyak sekali penyebab dari mulai cara pemakaian, cara perawatan, atau mungkin memang barangnya yang kurang bagus (KW). Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, kita harus mengetahui dulu penyebab masalah itu terjadi.

    Ketika menggunakan proyektor dengan merek dan spesifikasi tentu anda pernah mengalami kejadian yang menyebalkan seperti tampilan pada proyektor yang tiba-tiba berubah warna misalnya Biru, Merah, Kuning ataupun tampilan proyektor yang tiba-tiba tidak simetris atau banyak lain hal sebagainya. Tentu sangat menyebalkan bukan? selain gak enak dilihat, malah dimarahin bos juga kan. Hehe
    Jangan khawatir, kami mencoba memberikan solusinya.

    Oke kami akan berfokus dulu membahas tentang beberapa penyebab proyektor berubah warna dan cara mengatasinya.
    Penyebab pertama : Bagian dalam kabel VGA anda rusak atau bermasalah.

    Jika ternyata proyektor anda mempunyai masalah ini maka anda tidak perlu hawatir, karena masalah ini bukan bersumber dari proyektornya, melainkan hanya pada kabel VGA nya. Biasanya disebabkan karena pelipatan kabel yang kurang baik. Solusinya maka anda harus segera mengganti unit kabel vga yang rusak tersebut dengan yang baru, atau jika kepepet anda bisa melakukan pemijatan kepada bagian kabel yang terindikasi rusak (berdasarkan percobaan selama ini , dan lumayan berhasil)
    Penyebab kedua : Kerusakan di bagian konektor RGB pada sensor warnanya

    Jika masalah proyektor anda berada pada poin kedua ini, maka kami sarankan agar anda membawanya ke tempat service yang sudah ahli di bidangnya. Namun jika anda ingin lebih tau dan anda hobi pada bidang elektronik, silahkan mencoba memperbaikinya dirumah.
    Namun sebelum anda mencobanya, kami akan memberikan sedikit gambaran tentang RGB dan sensor warna pada VGA.
    Didalam port RGB anda pasti menemukan lubang tempat masuknya port VGA pada proyektor anda, masing masing dari setiap lubangnya memiliki fungsi masing-masing yang jika anda mengetahui fungsinya maka anda akan lebih mudah mengetahui masalahnya. (lihat digambar,tanda panah merah)
    1. (R) Red, berfungsi untuk menyeimbangkan warna. Jika kabel ini terputus, maka tampilan di proyektor akan berumbah menjadi agak kebiruan
    2. (G) Green, fungsinya untuk menyeimbangkan warna. Kalau kabel ini terputus maka tampilan di proyektor akan berubah menjadi agak kemerahan
    3. (B) Blue, fungsinya untuk menyeimbangkan warna. Kalau kabel ini putus/ rusak maka tampilan di proyektor akan berubah warna menjadi kekuningan.
    4. Ground
    5. Ground
    6. Red ground
    7. Green ground
    8. Blue Ground
    9. Port NC (No Connection)
    10. Port Ground
    11. Port Ground
    12. Port NC (No Connection)
    13. Port Horizontal Syncrone, Untuk fungsi tampilan horizontal atau vertikal. Jika kabel ini terputus maka tampilan di proyektor akan berubah menjadi acak (horizontal/vertical/bahkan roling)
    14.  Vertical Syncrone, fungsi sama dengan point 13 namun ini pada sisi Vertikal. Kendala yang akan dialami ketika kabel ini terputus, maka tampilan di proyektor akan berubah menjadi acak (tidak vertikal/ horizontal/ bahkan roling)
    15. Port NC ( No connection)

    Beberapa poin diatas bisa anda gunakan untuk mengindikasi proyektor anda bermasalah pada bagian apa rusaknya dan selanjutnya anda bisa lebih mudah dalam memperbaiki/ memecahkan masalah tersebut. Misakan ternyata proyektor anda berubah warna menjadi kemerah-merahan, maka langkah yang anda ambil adalah langung membuka RGB proyektor anda dan mencari bagian kabel yang bernama RGB (terutama Bagian G/Green), dan anda bisa langsung menyelesaikan masalahnya. Namun jika anda belum berani memperbaikinya sendiri, anda bisa memperbaikinya di tukan service profesional agar hasil nya bisa lebih meyakinkan.






  • 0 komentar:

    Posting Komentar