• Pengertian Ansi Lumens Pada Proyektor dan Cara Kerjanya

    Pengertian Ansi Lumens pada Proyektor dan cara kerjanya
    Pengertian Ansi Lumens pada Proyektor dan cara kerjanya. (Source: www.theprojectorexpert.com)

    Hallo gan sist, semoga hari-hari temen-temen sekalian selalu dilimpahi curahan rahmat oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga kita senantiasa bisa menikmati lika-liku syair kehidupan dengan BAHAGIA.

    Kita lanjutkan lagi artikel yang berkaitan dengan proyektor yups. Setelah admin memberikan artikel tentang cara peletakan proyektor pada event out door, cara atasi proyektor saat berubah warna, dan artikel lainya, kini akan admin bahas tentang bagaimana cara penempatan proyektor berdasarkan ansi lumens dan kesesuaiannya. 

    Masalah ini admin angkat karenga banyaknya orang yang belum paham bagaimana menggunaan proyektor dengan ansi lumens kecil dan ansi lumens besar. 

    For your info guys, ada kasus seperti ini nih, ada orang yang ingin menggunakan proyektor tapi tidak pada tempatnya (loh kok tidak pada tempatnya, gimana min?).

    Jadi gini  orang tersebut memesan proyektor dengan ansi lumens yang rendah namun menginginkan hasil yang maksimal, dan anehnya lagi pemasangan di out door pada siang hari dengan screen yang besar (okelah secara pengetahuan orang awam mungkin wajar dan itu yang membuat kami mengangkat tema masalah ini).

    Secara logika proyektor yang dipasang pada waktu siang hari mau sebesar apapun ansi lumensnya tidak akan kelihaan hasil proyeksinya jika diletkakkan pada out door, karena cahaya indah karunia Tuhan yang berupa matahari tidak dapat disaingi dengan cahaya apapun yang itu merupakan buatan manusia. Salah satu penangananya hanya dengan memindah event out door ke in door atau yang minim cahaya.

    Pola pikir penggunaan proyektor yang seperti inilah yang belum dipahami oleh banyak orang terutama kalangan masyarakat. 

    Berangkat dari sinilah admin ingin mencoba menguraikan permasalahan yang ada dengan harapan pembaca bisa lebih mendalami lagi tentang pemanfaatan proyektor, oke kita lanjut tentang “Ansi lumens proyektor dan penggunaanya.” Akan admin kategorikan menjadi dua pembahasan yaitu yang pertama penggunaan pada malam hari dan penggunaan pada sinag hari. 

    1.      Penggunaan pada malam hari 
    Secara teori jika waktu penggunaan proyektor malam hari maka penggunaan ini tidak akan jadi masalah, kenapa? karena pada dasarnya cahaya pada malam hari sudah gelap dan sangat minim, jadi berapapun ansi lumens yang dipakai asal proyektornya tidak ada masalah tidak akan terjadi ganggguan ataupun trouble. 

    Mulai dari 2500 lumens sampai 10000 lumens semuanya cocok untuk kegiatan malam hari. Sehingga boleh kita nafikan permasalahan yang sepele. Sekarang akan kita bahas bagaimana penggunaan screen pada proyektor tersebut berdasarkan ansi lumens yang ada. 

    Proyektor 2500 lumens, proyektor dengan ansi lumens 2500 cocok untuk ruangan kapasitas kurang lebih 20 orang, mengapa demikian? Karena tujuanya adalah manfaat dari proyektor tersebut, proyektor akan maksimal jika ruangan yang di sediakan tidak terlalu besar dan luas.

    Screen atau layar yang bisa di pasangkan dengan proyektor 2500 lumens adalah screen yang berukuran 1,8 meter atau 70 inchi. Jarak minimum dari screen adalah 2,5 meter. Maka perlu menjadi perhatian saat peletakan proyektor agar focus dan lebarnya maksimal. 

    Pada umumnya proyektor yang 2500 lumens lebih sering digunakan, mulai dari sekolahan, kampus dan institusi-institusi tertentu. Mengapa demikian? Karena proyektor yang 2500 lumens merupakan proyektor yang standar, jadi lebih simple dan awet, insyaallah. 

    Yang berikutnya adalah proyektor 3000 lumens, proyektor ini bisa digunakan pada ruangan dengan kapasitas 40-50 orang. Pencahayaan atau brightnes yang lebih gede dari proyektor standar membuat proyekto 3000 lumens bisa dipakai untuk screen yang lebih besar dari 70 inch, misalnya 2x2 meter. Dengan jarak tembak minimal 3 meter dari screen.

    Maka ruangan yang agak luas untuk proyektor juga di butuhkan. Penggunaan proyektor 3000 lumens juga bisa digunakan untuk screen dengan ukuran 2,5 meter x 2,5 meter dengan jarak tembak minimal 3,5 meter. Penggunaan ini akan maksimal jika lampu-lampu pada malam hari dikurangi kecahayaannya. 

    Lanjut ke proyektor dengan ansi lumens 3500, dengan ansi lumens 3500 kita lebih bisa leluasa untuk memanfaatkanya, proyektor dengan ansi lumens ini sudah bisa kita gunakan untuk ruangan dengan kapasitas 100-150 orang, karena screen yang kita gunakan pun sudah bukan tripord lagi tapi sudah bisa kita gunakan yang fastfold.

    Walaupun tidak menutup kemungkinan ini bisa di gunakan pada 70 inch, tapi proyektor ini akan lebih berguna dan maksimal jika digunakan pada screen yang berukuran 3 meter x 2 meter. Tidak hanya sekali kami menggunakan proyektor dengan ansi lumens ini untuk screen 3x2 meter, dan itu memang yang paling ideal.

    Pernah juga ada yang menggunakannya pada screen yang berukuran 4 meter x 3 meter. Nah itu artinya manfaat yang diberikan juga jauh lebih besar, dan hasil dari gambarnya pun tidak bururk, dengan catatan seperti tema pada pembahasan ini yaitu digunakan pada malam hari. Karena mungkin akan berbeda hasilnya jika digunkan pada siang hari dan out meskipun in door.

    Jarak minimal dari screen ke proyektor untuk penggunaan 3x2 meter adlah 4 meter. Sedangkan yang 4x3 meter jarak tembak minimalnya adalah 6 meter. 

    Yang berikutnya adalah proyektor dengan ansi lumens 5000. Sudah bukan menjadi masalah lagi jika kita menggunakan proyektor 5000 lumens atau yang lebih tinggi lagi, yaah karena memamng sudah bagus kualitasnya sehingga mau digunakan di untuk seberapa pun ruanganya masih mumpuni, biasanya yang seperti ini digunakan oleh pihak hotel atau instansi-instansi tertentu untuk pengadaan rapat besar.

    Jiak kita mau menggunakan pada screen yang berukuran 4 meter x 3 meter maka jarak tembak minimalanya adalah 4 meter, so proyektor ini juga bisa kita sesuaikan dengan framenya meskipun posisi proyektor tidak ditengah layar, dengan kemiringan 45 derajatpun masih bisa kita maksimalkan untuk ngefill screen secara penuh. 

    Nah itu diatas tadi uraian kapasitas ruangan dan jarak yang ideal untuk menggunakan proyektornya, so buat kawan –kawan yang belum faham akan kami sediakan table dari data diatas. 

    2.      Penggunaan pada siang hari 
    Mungkin untuk sub yang kedua ini tidak perlu mimin menguraikannya karena ya kita sudah tahu mau berapapun ansi lumensnya, seperti yang tertera pada opening diatas tidak mungkin bisa mengalahkan cahaya matahari. Pasti proyeksi gambar dari proyektor akan hilang. 

    Maka dari itu kami akan menyarankan saja jika temen-temen mau menggunakan proyektor pada siang hari. Usahakan temen-temen minimal menggunakan proyektor dengan ansi lumens minimal 3000 lumens.

    Usahakan berada di in door atau semi in door (misalnya pendopo, gazebo, atau semacamnya) sehingga udara yang masuk dari luar tidak terlalu bamuak dan terang. Gunakan screen yang sewajarnya sesuai kemampuan dari proyektor yang digunakan.

    Contoh jika proyektornya hanya 3000 lumens jangan dipaksakan untuk screen 4 meter x 3 meter, itu sama saja anda meminum kopi tanpa di kasih air hehehe. Ya kalau 3000 lumens maksimal gunakan pada yang berukuran 2,5 x 2,5 meter guys =, seperti yang tertera pada penjelasan penggunaan dimalam hari. 

    Mungkin itu sih yang penting guys, jikan memang mempunyai masalah lebih baik agan ajngan putuskan sendiri tapi tanyakan pada yang lebih tau. Kita harus mulai sadar diri bahwa memang proyektor tidak bisa digunakan pada event out door apalagi di lapangan.  Akan lebih baik jika kita bijaksana menempatkanya hehe. 

    Sekian dulu gan sist, jika ada yang perlu ditambahkan langsung saja koment atau buat artikel susulan tambahan sendiri gan sits, sehingga lebih bermanfaat lagi.

    Di Akbar Multimedia menyewakan proyektor dengan berbagai jenis lumens, mulai dari proyektor 2800 lumens, 3000 lumens, 3600 lumens, 5000 lumens hingga proyektor 10.000 lumens dengan harga paling murah se Jogja.

    Lihat daftar harga sewa proyektor di Akbar Multimedia untuk membuktikan kemurahannya. Full service dengan item termurah.
  • 3 komentar:

    1. maaf boss numpang nanya...
      proyektor mini 1200 lumens biar jadi sktr 3000 lumens apkh bisa?
      terimakasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. bisa di tukar tambah aja gan, sehingga spesifikasinya juga naik

        Hapus