• Cara Menampilkan Dua Laptop Berbeda ke dalam Satu Proyektor

    Hallo Sobat

    Pada artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana kita meletakkan proyektor pada event outdoor dan sebagainya. nahhhh.. Kali ini saya akan membahas bagaimana sih menampilkan dua input laptop ke dalam satu proyektor, sehingga tidak membutuhkan banyak proyektor pada satu tempat??

    kadang banyak orang-orang bertanya, mas ini bisa nggak ya kalau saya pake dua laptop dalam satu proyektor? Pertanyaan pertanyaan tersebut sangat wajar untuk kalangan teman-teman yang kurang begitu faham mengenai bagaimana sih penggunaan proyektor, biasanya temen-temen suka ribet memasang dan melepas kabel input VGA kedalam Laptop...

    nah disini akan saya berikan tips agar tidak terlalu ribet lepas pasang kabelnya, karena selain ribet, hal tersebut juga memakan waktu...

    pertama, temen temen bisa memanfaatkan port (colokan) input yang ada dalam proyektor. biasanya dalam satu proyektor tidak hanya ada satu port input saja, melaikan minimal terdiri dari dua port atau lebih yang digunakan untuk menerima sinyal input dari laptop. 
    3 port input pada proyektor epdon (VGA, HDMI, RCA)

    dari gambar disamping dapat kita lihat ada 3 port input yang tersedia, yakni VGA, HDMI, dan RCA. dengan memanfaatkan port ini teman-teman bisa menampilkan input lebih dari satu kedalam proyektor.

    contoh pengguanaan:

    saya akan menggunakan dua laptop untuk ditampilkan dalam satu proyektor, maka yang saya lakukan adalah memasang output laptop 1 ke dalam port input VGA pada proyektor dan memasang output proyektor 2 ke dalam port input HDMI pada proyektor.

    nah sekarang dalam satu proyektor sudah ada dua input yang masuk, untuk penampilan pilihan, kita bisa menggunakan tombol input yang ada dalam proyektor ataupun remot proyektor untuk mengatur mana input yang akan ditampilkan. dalam hal ini apakah mau proyektor 1 atau 2 yang ditampilkan, itu bisa konditional sesuai kebutuhan.

    gimana temen-temen sangat mudah kan???

    switcher VGA 4 Port
    kedua, yang kedua ini memerlukan hardware lain, atau equipment lain untuk pengaplikasiannya, yakni switcher. apa itu switcher?? switcher adalah alat yang digunakan untuk memilih gambar dari beberapa sumber video yang masuk ke vision mixer untuk kemudian dipilah mana yang ingin ditampilkan pada output tampilan yang utuh. switcher yang digunakan untuk menampilkan input dari laptop kedalam proyektor adalah switcher VGA. 

    Cara penggunaanya pun sangat mudah dan lebih praktis, yakni kita cukup menekan tompol yang ada pada switcher sesuai dengan mana input yan ingin kita tampilkan dalam proyektor.

    contoh :

    saya akan menggunakan 3 laptop untuk ditampilkan dalam satu proyektor, maka yang saya lakukan adalah memasang kabel vga pada tiap-tiap laptop tersebut, kemudian dari sana saya akan memasangnya pada port input yang tertera apada switcher dan kemudian memasang kabel VGA lagi pada outut dari switcher untuk kemudian saya pasang ke dalam input proyektor. dan sekarang saya bisa menampilkan input dari 3 laptop ke dalam satu proyektor hanya dengan menekan tombol yang ada dalam switcher tersebut.

    selesai, itulah temen-temen bagaimana cara menampilkan banyak input ke dalam satu proyektor saja, mudah kan??

    untuk switcher temen-temen bisa sesuaikan dengan kebutuhan temen-temen, apakah mau menggunakan switcher VGA, HDMI, atau RCA tinggal pilih saja.

    namun jika temen-temen merasa ribet, langsung saja sewa di Akbar Multimedia Jogja, dan kebutuhan di atas akan teratasi...
  • 0 komentar:

    Posting Komentar