• Penyebab dan Cara Mengatasi Proyektor Berubah Warna

    Mengatasi Proyektor Berubah Warna Saat Dinyalakan
    Mengatasi Proyektor Berubah Warna Saat Dinyalakan

    Proyektor merupakan sebuah bukti canggihnya teknologi di bidang visual, yang fungsi utamanya adalah untuk menampilkan gambar dari input ke screen yang lebih besar (yang di pakai di bioskop itu lho).

    Proyektor sendiri juga sering mengalami gangguan-gangguan atau problem saat pemakaian. Jika kitu terjadi saat meeting atau saat acara besar, waah panitia bisa pusing tujuh keliling.

    Asalkan Anda tahu problem tersebut biasanya sering terjadi karena adanya faktor internal (komponen dari mesin proyektor) ataupun faktor eksternal (input dari pc atau laptop, kabel VGA, kabel HDMI, kabel RCA, Kabel LAN) dan sebagainya.

    Dan yang akan  bahas di sini adalah, kenapa proyektor ketika dipakai warnanya tidak murni, atau bisa dibilang berubah warna saat kita menggunakanya. Tidak beda dengan yang lain, hal itu terjadi karena adanya kerusakan pada komponen berikut.

    Penyebab pertama proyektor bisa berubah warna saat digunakan yaitu rusaknya kabel input VGA (Video Grapics Array). Sampai saat ini masih sangat penting untuk menjadi konektor antara input dengan proyektor.

    Sama seperti yang lainya, bahwasanya setiap input itu merupakan konektor untuk membawa sinyal analog hasil olah data dari komputer menuju ke monitor ataupun proyektor.

    Jika tidak ada konektor, maka jelas proyektor tidak bisa menampilkan apa-apa. Kenapa VGA menjadi penyebab berubahnya warna saat digunakan? Biasanya kerusakan pada kabel VGA yang paling vatal adalah tidak tersambungnya sinyal analog antara komputer dengan monitor.
    Tetapi problem lain yang hadir yaitu berubahnya warna gambar yang ditampilkan di monitor, sehingga ada warna-warna tertentu yang mendominasi, biasanya biru atau pink dan sesuai kabel mana yang rusak.
    Ketika hal seperti ini terjadi bersikap tenang dan cek apakah benar yang rusak adalah kabel VGA dengan cara mengganti dengan kabel yang lain.

    Kasus lain ketika terjadi kerusakan pada kabel VGA  yaitu bukan warna gambarnya yang berubah namun justru muncul garis-garis pada monitor, entah itu vertikal atupun horisontal.

    Yang kedua yang menjadi penyebab perubahan warna pada proyektor saat digunakan adalah rusaknya port VGA dari proyektor ataupun komputer, yang menyebabkan kerusakan pada komponen ini adalah adanya arus listrik yang kurang stabil sehingga menyebabkan port terbakar dan justru membuat rusak konektor RGB dari port VGA tersebut.
    Penyebab lainya yaitu saat melepaskan kabe VGA dari port tidak hati-hati sehingga komponen dalam dari port VGA proyektor atau komputer pun putus dan al hasil berubahlah warnanya saat kita gunakan lagi. Maka kehati-hatian menjadi sangat penting dalam kita mengatasi atau menggunakan segala hal.
         Sebelum saya akhiri jika agan ruwet dengan ganti baru ataupun memperbaikinya makan agan saya sarankan sewa saja proyektornya, di AKBAR MULTIMEDIA JOGJA. Akbar multimedia menyewakan berbagai macam alat multimedia yang tentunya berkaitan dengan proyektor yang nyaman dan berkualitas.

    Mulai dari yang ukuran kecil sampai yang berkualitas tinggi pun ada. So monggo langsung saja
    Sekian guys yang dapat saya paparkan salam satu layar.
  • 1 komentar: