• Tips Memilih Tipe Proyektor dan Keunggulannya

    Halo sobat Akbar di mana pun Anda berada. Kali ini kami akan memberikan sedikit tips yang ringan agar Anda bisa keluar dari zona kebimbangan ketika akan membeli sebuah proyektor. Tips yang kami berikan adalah berdasarkan tujuan dan fungsi proyektor yang akan Anda gunakan.
    Tips Memilih Tipe Proyektor dan Keunggulannya
    Proyektor Terbaik Untuk Anda
    Banyak faktor yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memutuskan proyektor apa yang akan Anda gandeng dan dijadikan sebagai asisten presentasi Anda. Namun, secara garis besar kami akan menunjukkan beberapa hal saja. berikut hal-hal yang perlu (bisa menjadi sangat harus) Anda perhatikan akan membeli sebuah projektor.

    Seiring banyaknya produk proyektor yang muncul akhir-akhir ini, dengan berbagai keunggulan dan inovasinya, memilih proyektor bisa menjadi hal yang membuat Anda dilema dan galau.

    Namun meski bagaimanapun, memilih sebuah proyektor semestinya akan menjadi mudah dan sederhana jika anda memiliki pengetahuan tentang tiga hal yang kadang terspelekan dibawah ini:

    1. Ukuran Layar (Tampilan Sorotan)
    Yang harus anda ketahui pertama adalah ukuran layar (screen Ratio). Secara mudahnya seberapa besar tampilan layar yang Anda inginkan dan butuhkan dari sebuah tampilan proyektor.

    Hal ini bisa Anda sesuaikan dengan besar ruangan dan banyak audiens yang akan menikmati tampilan proyektor tersebut. Misalkan hanya untuk 10 orang atau lebih maka Anda hanya cukup menampilkan presentasi sebesar 70 inc saja, Dan seterusnya.

    Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan berikut :
    -Tampilan layar berapakah yang anda inginkan? (70", 90", 120", 200", >300") 
    -Proyektor ini nantinya digunakan untuk apa sih? (Meeting kantor, venue hotel, Multimedia lainnya)
    Tips Memilih Tipe Proyektor dan Keunggulannya

    Gambar pertama proyektor digunakan untuk meeting di kantor yang mempunyai susunan per divisi (peserta 9-15 orang), proyektor yang digunakan adalah 2500 lumens standard (dengan tampilan layar 70 inc).

    Gambar Kedua untuk meeting gabungan yang digunakan diatas adalah proyektor 3000-3500 lumens (dangan tampilan layar 90 inc). Gambar Ke 3&4 digunakan untuk Gathering & acara lainnya, ini merupakan venue hotel, yang digunakan adalah proyektor 5000 lumens (tampilan 120 inc) dan 10.000 lumens (tampilan 200-300 inc). 

    (Dalam proyektor, semakin tinggi intensitas cahayanya (lumens) maka akan semakin nyata gambar ditampilkan di layar)

    Sekarang Anda tinggal mengklasifikasikan berdasarkan kebutuhan tampilan layar yang Anda inginkan, sesuai dengan beberapa saran proyektor diatas berdasarkan brightnes/intensitas cahaya (Lumens)  proyektor nya. 

    2. Jarak antara proyektor dengan layarnya

    Dalam bagian ini Anda harus berurusan dengan pengukuran & perhitungan ruangan, tetapi tetap harus sesuai dengan yang anda inginkan. Misalnya Anda mempunyai ruangan cukup kecil dan Anda ingin meletakan proyektor dg layarnya di depan maka Anda harus memilih proyektor yang jarak tembaknya dekat (short throw), atau misalnya ruangan Anda kecil dan Anda ingin meletakan layar didepan namun posisi proyektor penyorot nya dibelakang, maka Anda harus memilih proyektor yang jarak tembaknya jauh (long throw).

    Namun jika Anda memiliki ruangan yang cukup luas dan Anda ingin meletakan proyektor dg layar didepan anda cukup menggunakan proyektor Standard dengan Spek standar pula. 

    Tips Memilih Tipe Proyektor dan Keunggulannya
    Perhatikan gambar diatas:
    1). Merupakan proyektor ultra short throw yang memiliki kemampuan memproyeksikan gambar secara maksimal dengan jarak yg sangat dekat (63 cm) , jika Anda menggunakan proyektor Tipe ini, maka Anda bisa sangat menghemat ruangan Anda.

    2). Proyektor short Throw spec-nya satu tingkat dibawah ultra short throw, bisa maksimal memproyeksikan gambar dg jarak yang lebih jauh (92,7 cm). Jika Anda menggunakan proyektor dengan tipe ini, maka Anda masih bisa memiliki ruangan kosong yg dapat digunakan untuk hal lain.

    3). Proyektor standard (normal throw) proyektor ini dapat memproyeksikan gambar dengan jarak paling dekat dengan layar 2.1 m. Sehingga jika Anda memiliki ruangan yg tidak terlalu luas, maka Anda akan sedikit terganggu. 

    3. Perkirakan tentang tingkat cahaya yang ada di ruangan Anda.
    Anda bisa menggunakan alat untuk mengetahui seberapa tinggi cahaya yang ada di ruangan Anda, namun Anda juga bisa memperhitungkannya dg sederhana, yaitu dg memperkirakan nya sendiri.

    Jika ruangan yang Anda miliki dilengkapi dengan banyak lampu maka kemungkinan Anda harus memilih proyektor yang memiliki brightness (intensitas cahaya) tinggi. Anda bisa memilih proyektor 3000 lumens, 3500 lumens ataupun diatasnya. semakin tinggi angka lumens maka tingkat intensitas cahaya yang dihasilkan semakin tinggi.

    Bagaimana sekarang? Sudah mulai bisa menentukan proyektor apa yang akan anda beli? Atau malah semakin bingung dengan pilihan yang kian banyak?

    Jika Anda belum bisa memutuskan proyektor mana yang akan anda pilih, karena keterbatasan waktu untuk mengetahui ketiga hal diatas, maka kami sarankan kepada Anda untuk Sewa proyektor saja. Jangan langsung membelinya. 

    Ada beberapa keuntungan bagi Anda ketika Anda menyewa proyektor.
    Pertama, Anda tidak perlu waktu tambahan untuk menimbang jenis proyektor sesuai kebutuhan acara anda. Dalam artian Anda hanya menyebutkan jenis event Anda dan akan langsung disarankan tipe proyektor yang pas oleh Tim sewa.
    Kedua, Anda tidak perlu tenaga tambahan untuk membawa dan memindahkan proyektor dari satu ruangan ke ruangan yang lain, karena dengan sewa Anda akan secara langsung dilayani hingga proyektor siap digunakan. 
    Ketiga, Anda tidak perlu biaya tambahan untuk melakukan perawatan atau penggantian bagian proyektor jika terjadi kerusakan. Artinya dengan sewa maka Anda akan menghemat beberapa biaya dengan tetap maksimal dalam melaksanakan setiap event.

    Untuk bisa membooking proyektor yang pas, Anda bisa mencoba sewa proyektor di Akbar Multimedia dengan harga pas dan kualitas terbaik.

    Sekarang tinggal Anda sendiri yang memutuskan, semuanya pasti ada keuntungan dan kekurangan nya bagi Anda. tinggal keputusan Anda dalam mengendalikan itu semua, dan boom! Acara Anda akan sukses berjalan sesuai rencana.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar