• Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Proyektor Berbintik

    seperti halnya perangkat elektronik pada umumnya, proyektor juga pasti akan mengalami kerusakan pada jangka waktu tertentu, sesuai dengan penggunaan dan perawatan masing-masing.  

    salahsatu masalah yang paling sering terjadi pada LCD proyektor adalah cahaya Berubah Warna mulai redup, over heat dan proyektor berbintik.

    tentunya hal ini tidak serta merta terjadi, pasti ada waktu beberapa tahun penggunaan sehingga proyektor mengalami kerusakan pada komponen ini. asalkan kita mengetahui apa penyebab dan solusinya pasti kerusakan ini bisa sedikit dihindari atau dapat menambah umur proyektor tersebut.

    untuk memahami masalah proyektor yang berubah warna bisa dilihat di postingan sebelumnya ya: Berubah Warna 

    perlu diketahui aja nih, penyebab utamanya sih biasanya karena ada gangguan pada Chip DMD proyektor.
    ada banyak sekali penyebab terjadinya gangguan pada chip DMD ini, diantaranya karena faktor usia, proyektor Overheat, atau faktor pengguna yang tidak baik.
    untuk faktor usia sendiri, memang tidak bisa dipungkiri lagi, semua alat elektronik termasuk proyektor pasti memiliki umur siklus hidup nya masing-masing tergantung pada pemakaian dan seberapa kuat perangkat elektronik tersebut.

    jika terjadi kerusakan chip DMD disebabkan faktor usia, kami sarankan agar agan membeli proyektor baru saja, karena tidak banyak yang akan bisa berubah meskipun agan mengganti unit chip DMD nya, biasanya kerusakan secara perlahan akan merembet ke perangkat lainnya.

    selanjutnya, kerusakan chip DMD disebabkan karena Overheat. perlu diketahui bahwa overheat adalah proyektor mengalami pemanasan mesin yang sangat cepat. hal ini disebabkan oleh tertutupnya kipas keluaran oleh debu. sehingga menyebabkan perangkat tidak bisa melakukan sirkulasi udara dengan baik saat proyektor mulai dinyalakan.
    salahsatu cara mudah mengatasinya adalah dengan membersihkan di bagian luubang udara yang terdapat disamping body proyektor. bisa dengan cara meniupnya atau membersihkan dengan mesin penyedot debu.

    yan terahir, kerusakan chip DMD disebabkan oleh pengguna. sebab nya adalah sering nya mencabut kabel power secara langsung sebelum proyektor dimatikan secara  manual (melalui tombol power).
    hal ini akan menyebabkan mesin bekerja 10 kali lebih berat dari biasanya, sehingga akan mengganggu performa mesin salahsatunya adalah pada Chip DMD.

    salahsatu cara gampang mengatasi hal ini sebelum terjadinya kerusakan adalah dengan memperhatikan cara-car penggunaan dengan baik  , atau memperhatikan pada buku panduan yang bisa anda dapatkan ketika membeli unit proyektor.

    adapun jika proyektor sudah terlanjur rusak dan disebabkan oleh faktor ketiga ini, maka kami sarankan untuk mengganti chip DMD nya atau membeli unit proyektor baru.

    demikian sedikit pengalaman yang kami dapat bagikan pada tulisan ini, adapun jika teman-teman tidak ingin repot-repot melakukan perawatan pada unit proyektormnya, maka sahabat bisa sewa proyektor saja, hanya ketika dibutuhkan. seain harganya yang sangat terjangkau sahabat juga dapat menghemat biaya perawatan dan menghemat tenaga juga.

    untuk informasi sewa, sahabat bisa hubungi kontak dibawah:

    0877-0554-3703  CS AKBAR MULTIMEDIA
    Alamat:
    Jl. babarsari Tb 17 nomor 19 masjid ksatria taqwa babarsari.

    lokasi di google maps:
    AKBAR MULTIMEDIA

  • 0 komentar:

    Posting Komentar