• Panduan Cara Merawat Agar Proyektor Selalu Awet


    Ketika kamu memiliki sesuatu pastinya ingin merawat dan mempepanjang umurnya (kalo bisa selamanya). Alat yang telah berfungsi selama bertahun tahun jika ditangani dan dirawat dengan baik tentunya akan sangat bermanfaat dan berguna. 
    tindakan pencegahan dengan merawat tentunya lebih baik, selain itu juga dapat melindungi investasi pribadi kamu. 
    Salah satunya adalah proyektor, 

    proyektor adalah satu alat yang tergolong mahal harganya tentunya, sayang kalau kita tidak menggunakannya sebaik mungking. alat ini juga tidak setangguh laptop atau pc computer.

    Merawat proyektor bisa di katakan gampang bisa juga dikatakan susah. Merawat dan memfungsikan proyektor secara baik dan benar adalah salah satu cara agar Proyektor tetap panjang umur. Agar kamu juga tidak perlu bersusah payah menghabiskan uangmu untuk proyektor yang baru.
    berikut adalah sedikit cara bagaimana agar kamu bisa membuat proyektor kesayanga kamu lebih awet dan tahan lama.

    Membaca dan menjalankan buku panduan


    Membaca buku panduan memang bukan bacaan yang menarik, tapi paling tidak kamu memiliki berbagai informasi tentang proyektor yang kamu miliki. 
    setiap proyektor mempunyai ornamen dan jenis  teknologi yang berbeda beda, adalah hal yang tepat untuk membaca dan mengetahui informasi detail mengenai preyektor yang memberitahu kamu tentang seluk beluk proyektor, informasi
    nomer seri (jika ada yang rusak nantinya) termasuk informasi tentang garansi unit kamu.

    hal yang wajib kamu ketahui adalah mengetahui dan mengenal seluk beluk dan semua aspek pada proyektor kamu sendiri. Dengan mengetahui  semua fungsi pada Proyektor, kamu pastinya tidak akan kebingungan ketika kamu secara tidak sengaja menekan tombol yang aneh , misalkan: (membalik gambar layar lcd atau mencoba menyeting resolusi gambar).

    Dengan mengenal dan mengetahui bagaimana dan seperti apa proyektor kamu, tentu pasti memudahkan untuk menggunakan dengan benar tanpa asal-asalan, juga menghindarkan kamu dari rasa frustasi karena kebingungan menjalankan proyektor (ini pengalaman Mimin) hehe.

    selain itu juga memudahkan kamu merawatnya, tentunya menjaga agar proyektor berumur panjang. Atau kamu juga bisa mengunjungi website dari jenis proyektor yang kamu miliki.

    Penyimpanan


    Setelah proyektor selesai dipakai, jangan langsung mengemas proyektor biarkan suhunya menjadi dingin. Bisa di angin-anginkan sambil diajak jalan keluar seperti pada gambar diatas..☝️☝️

    mengemas proyektor saat suhu panas bisa menyebabkan lampu rusak dan kabel lain terputus, maka biarkan Proyektor diluar tas sampai benar-benar dingin. 
    Selanjutnya, tempatkan kembali proyektor pada tas proyektor agar terhindar dari benturan atau debu.
    Berikan busa di dalam tas agar proyektor aman dari benturan. Sebaiknya tidak diletakan di area yang terkena panas matahari langsung atau tempat yang basah. Atau ketika kamu masih baru saja membeli proyektor jangan keburu untuk membuang kardus dari proyektor tadi, kamu juga bisa meletakaknnya kembali didalam kardus bawaannya. Kardus bawaan biasanya memang didesain kusus sesuai isi dalamnya agar tetap aman terlindungi. 
    Selain itu jangan menempatkan proyektor didalam ruangan yang terlalu panas seperti didalam mobil  atau lainnya, karena akan menyebabkan proyektor mengalami kerusakan.

    Jika menepatkan proyektor secara permanen entah digantung atau ditempatkan dibawah, maka kamu sebaiknya menggunakan braket untuk mengurangi benturan atau getaran akibat terlalu sering dipindahkan. 
    ( Gmb. Proyektor dipasang permanen dg Bracket dengan posisi Proyektor terbalik)


    Memasang proyektor dengan cara terbalik lebih cepat mengurangi umur lampu dari pada proyektor yang dipasang secara normal. Selain itu lubang-lubang ventilasi pada proyektor bukanlah hanya sekedar hiasan semata. jadi pastikan saat pemasangan plat bracket tidak menghalangi aliran udara pada kipas. 

    Proyektor memang berharga mahal
    tapi menyimpan proyektor dalam jangka waktu lama justru akan menyebabkan kerusakan, biasanya kalau sudah terlalu lama disimpan akan bedebu atau jadi rumah buat laba-laba. bisa jadi kerusakan karena disebabkan kemasukan binatang atau timbul bintik pada proyektor atau masalah lain seperti tidak maumenyala saat tombol power ditekan. 
    Gunakan proyektor sesekali untuk melakukan pengecekan agar tetap terjaga keawetannya. Jangan lupa juga untuk menJaga tempat penyimpanan proyektor agar tetap bersih.
    Jika proyektor anda sudah ada indikasi rusak, anda bisa coba memperbaikinya sendiri: baca panduannya di: Macam-macam Kerusakan Proyektor dan cara simpel mengatasiny

    Penggunaan

    inilah yang biasanya jarang disimak dan diperhatikan oleh kamu adalah salahsatunya bagaimana cara menyalakan proyektor dengan baik dan benar.
    sebaiknya sambungkanlah terlebih dahulu kabel
    VGA kemudian setelah VGA terpasang barulah kamu bisa memasang kabel power LCD dan pastikan tidak kendor, kabel VGA salah terpasang atau kendor bisa menyebabkan proyektor tidak merespon sinyal dan gambar tidak keluar pastinya. 

    kemudian setelah terpasang dengan benar, barulah nyalakan proyektor, sebaiknya menyalakan dan memastikan proyektor dengan menggunakan remote. Kenapa sebaiknya menggunakan remote? karena asal pabrik dari sananya sudah memperkirakan kalau tiap tekanan orang berbeda-beda jadi demi lebih menjaga keawetan tombol maka dilengkapi dengan remote. 
    Sebaikanya tidak memindah-mindahkan proyektor ketika sedang menyala karena akan menyebabkan goncangan yg bisa memutus kabel ke lampu proyektor, atau menyebabkan kabel bisa tertarik dan terlepas secara tidak sengaja terkadang juga bisa menyebabkan konslet pada proyektor. 

    Kemudian saat mematikan, Jangan sekali-kali langsung mencabut kebel power ketika akan mematikan power, proyektor adalah mesin yang berkerja dibawah suhu yang sangat panas dan kipas berfungsi untuk mendinginkannya.

    Lihat dan pastikanlah lampu indikator sampai berwarna hijau, artinya kipas pendingin sudah berhenti berputar atau tunggu paling tidak 1 sampai 2 menit. usahkan jangan langsung terkena panas secara langsung, proyektor memang sabaiknya ditempatkan diruangan yang ber- AC untuk mencegah overheat.

    Perhatikan pengaturan waktu lampu, pastikanalah
    pengaturan waktu telah di atur dengan benar dan sesuai sehingga secara akurat dapat mengkroscek masa pemakaian lampu dan memberi tahu kapan waktu yang tepat untuk menggati lampu, atau lampu sinyal yang manandakan pengantian lampu telah menyala, jangan sampai waktu kamu menggunakan proyektormu tiba-tiba lampunya mati mendandak.

    Jangan memainkan tombol on/off secara terus menurus itu akan menyebabkan lonjakan energi listrik yang membuat proyektormu cepat aus. Jika proyektor bejalan terus menerus pastikan mendapat istirahat 2 jam minimal  dalam 24 jam, ada juga proyektor yang dilengkapi denga blank button sehingga kamu tidak perlu mematikan proyektor cukup menonaktifkan tampilannya.

    Jika dirasa arus listrik tempat dimana proyektor dipasang tidak stabil bisa menggunakan UPS, itu akan cukup membantu ketika listrik mati secara tiba-tiba atau mati nyala dalam jangka waktu berulang kali.

    Jalankan proyektor jauh dari tempat yang berdebu. Jika diperlukan bisa menservice proyektor tiap 3 atau 6 bulan sekali. Dan yang terpenting adalah matikan proyektor jika dirasa sudah tidak digunakan lagi.

    Perawatan


    Bersihkan proyektor secara berkala. Seminggu atau sebulan sekali. Membersihkan bukan berarti
    kamu harus membongkar pasang sendiri. Sebaiknya kamu tidak membongkar pasang proyektor kamu sendiri jika tidak benar-benar tahu tentang proyektor, itu akan berakibat fatal,.

    bawalah ke tempat tukang service atau orang yang benar-benar paham tentang proyektor. bersihkan saja bagian umumnya seperti membersihkan filter. sejumlah model proyektor sakarang sudah di hadirkan dengan filter yang membantu membersihkan ventilasi dari puing-puing debu.

    filter yang jarang dibersihkan biasanya menumpuk banyak debu dan menghalangi sirkulasi udara dari kipas angin sehingga menyebabkan proyektor cepat panas, yang berakibat ledakan lampu atau penurunan daya fungsi proyektor. 

    Untuk membersihkan filter bisa menggunakan tisu atau cattonbut. Jangan lupa memasangnya kembali, karena proyektor yang berjalan tanpa filter bisa menarik semua debu yang akan di tampilkan dilayar. 

    kemudian kamu bisa juga membersihkan lensa, lensa adalah alat paling penting untuk tampilan gambarmu. lensa yang kotor tentunya akan mempengaruhi tampilan secara keseluruhan. pembersihan lensa bisa menggunakan kertas pembersih kamera, kain flannel atau bahan yang lembut agar tidak menyebabkan lensa tergores, bersihkan secara perlahan. Membersihkan lensa paling aman adalah dengan menggunakan lensa kamera yang dapat dibeli ditoko kamera. usahakan jangan menyentuh lensa dengan tangan
    secara langsung untuk menghindari kerusakan di permukaan. Jangan pula menyentuh lensa saat menyala dan panas karena minyak dari kulit kamu bisa meninggalkan residu, yang mengakibatkan residu terbakar dan memunculkan titik hitam di layar. 

    Lampu asli memang harganya hampir sama dengan harga baru proyektor itu sendiri tapi sebaiknya gantilah lampu proyektor dengan lampu OEM yang asli atau original akan lebih tahan dari kerusakan, lampu yang tidak original bisa rusak sebelum waktunya dan membuat kamu lebih merugi dikemudian harinya.

    Kamu juga bisa mengaktifkan penghemat daya atau Economy mode pada ruangan yang gelap, hanya ruangan diluarlah yang membutuhkan cahaya lebih. Dengan penghemat daya kamu bisa mengurangi panas dan memperpanjang umur lampu.

    Jangan membersihkan proyektor menggunakan lilin, air, sabun, alkohol, benzene, tiner cat, atau bahan kimia lain yang dapat merusak casing, jangan menggunakan semprotan udara yang dapat meninggalkan residu.

    Itulah tadi ulasan tentang bagaiman agar mebuat proyektor kamu lebih awet dan tentunya pasti lebih menghemat segalanya tentang proyektor kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna
    bagi semuanya, semoga tidak ada lagi yang menyepelekan hal kecil tapi sebenarnya berguna,
    lumayankan dari pada harus bolak balik ke tukang servis.
    .
    .
    JIKA KAMU INGIN LEBIH HEMAT DAN SIMPEL (** tidak perlu merawat Proyektor) maka kamu bisa saja menyewa nya saat akan ada acara saja. Kamu juga tidak perlu repot ke gerai sewa, karena sekarang sudah ada layanan DELIVERY. Salah satunya yang ada di AKBAR MULTIMEDIA JOGJA. 
    kamu cukup hubungi kontaknya dan tunggu barang dipasang di tempat event mu.
    .
    Untuk booking kamu bisa hubungi:
    0877-0554-3703 atau Klik 👉👉 Chat WA
    FB: Akbar Multimedia
  • 1 komentar:

    1. boleh nih dicoba,, kebetulan punya proyektor tua dirumah

      BalasHapus