• PEMANFAATAN PROYEKTOR UNTUK MENGISI KEBOSANAN DI DITENGAH VIRUS CORONA (COVID-19)

    Penyebaran Virus corona yang semakin hari semakin massif penyebarannya tentu membuat banyak hal terganggu, tidak hanya berdampak pada kesehatan kesehatan manusia, tetapi juga pada aktifitas-aktifitas manusia di luar rumah, sehingga anda harus tetap berada di rumah dalam waktu yang belum tau kapan akan berakhirnya, salah satu hal yang baik untuk anda lakukan di saat penyebaran virus corona ini yaitu mengisolasi (karantina) diri atau membatasi diri anda dengan orang-orang yang lebih banyak karena dengan begitu anda akan kecil kemungkinan untuk  tertular virus tersebut.

    Membatasi diri dari kegiatan di luar rumah bukanlah sesuatu yang mengasyikkan, terlebih lagi apabila anda bekerja di tempat yang banyak orang atau melibatkan banyak pihak secara fisik tentu dengan keadaan ini akan membuat anda tidak nyaman dan merasa aneh. Atau mungkin saja, di hari-hari awal anda melewati masa karantina di rumah akibat virus corona (covid-19), Anda bisa saja tetap merasa senang karena bisa lebih lama berada di rumah bersama keluarga, yang mungkin setiap harinya anda banyak menghabiskan waktu di luar untuk bekerja. 


    Pemanfaatan Proyektor


    Namun lama kelamaan anda akan merasa bosan di rumah. Nah, disitulah anda mulai merasakan jenuh dan bosan. Bosan sendiri merupakan perasaan yang muncul ketika anda memiliki kadar energi yang lebih tanpa anda tahu anda mau melakukan apa dan bagaimana. Bosan juga merupakan hasil atau akibat anda tidak puas melakukan apa yang anda lakukan dan bisa juga bosan dikarenakan anda melakukan hal tersebut secara berulang-ulang. Apalagi akibat virus corona (covid-19) belum tahu kapan anda bisa melakukan aktifitas seperti biasa di luar rumah, melakukan hal-hal yang membuat anda senang dan berkumpul bersama teman, sahabat atau sekedar berlibur ke tempat-tempat yang anda impikan.

    Untuk melewati masa-masa karantina di rumah tentu banyak hal yang bisa anda lakukan, salah satu cara terbaik untuk melawan rasa sepi dan bosan anda di rumah yaitu dengan  menyewa proyektor untuk kegiatan bersama keluarga anda. Proyektor merupakan alat optik yang mampu memproyeksikan gambar ke permukaan (screen, dinding dll) tentu dengan menyewa proyektor di rumah anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk mengisi kebosanan anda dirumah diantaranya.

    Belajar dan bekerja bersama anggota keluarga

    Dengan adanya virus corona ini, Pemerintah telah mengambil kebijakan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah, dan orang tua juga ditugaskan untuk bekerja di rumah atau disebut juga bekerja jarak jauh (online dll). Mengalihkan kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi belajar jarak jauh di rumah. Apabila orang tua mampu memanfaatkan momen ini tentu dapat meningkatkan keakraban dan kehangatan yang selama ini mungkin banyak waktu terbuang untuk bekerja atau sibuk mengerjakan kegiatan masing-masing. 
    Orang tua bisa membuat layaknya sekolah di rumah, menjelaskan beberapa materi pelajaran anak, memberikan anak tugas, membuatkan sistem belajar presentasi (anak menjelaskan tentang suatu materi) menggunakan proyektor layaknya dilakukan oleh guru-guru dan sekolah yang menggunakan teknologi proyektor dan kelebihan lainnya belajar menggunakan proyektor adalah anak akan terbiasa menggunakan teknologi untuk hal yang bermanfaat.

    Bermain games

    Selama ini mungkin anak anda bermain games ataupun anda juga bermain games hanya di gadget ataupun komputer saja dan itu hanya dinikmati oleh anda sendiri. Nah salah satu upaya atau opsi yang bisa anda lakukan untuk mengisi kebosanan di saat karantina adalah dengan bermain games menggunakan proyektor. Tentu hal ini memiliki sensasi dan keseruan yang berbeda, misalkan saja bermain PS menggunakan proyektor tentu seakan-akan kita benar-benar sedang melakukan pertandingan bola atau sedang menyaksikan permainan bola atau bermain plant zombie menggunakan proyektor  atau games yang anda suka dan anggota keluarga lain sukai tentu akan menambah keseruan tersendiri, yang selama ini bermain games hanya bisa disaksikan sendiri (misalkan games di gadget) tetapi menggunakan proyektor semua keluarga bisa menyaksikannya. Cara ini merupakan hal yang seru dan menarik yang dapat menimbulkan gelak tawa apabila terjadi hal-hal yang lucu saat bermain. Tentu ini membuat suasana keluarga semakin hangat dan ditambah lagi setelah belajar tentu anak bisa lebih senang.

    Senam dan berjoget bersama

    Nah kegiatan yang selanjutnya yang bisa anda lakukan saat karantina di rumah yaitu senam dan berjoget bersama. Anda bisa mencari senam-senam yang ada di youtube yang kemudian anda putarkan menggunakan proyektor tentu proyektor akan menampilkan gambar yang besar dan anda bisa mengikuti gerakan-gerakannya yang muncul di layar dengan seksama bersama anggota keluarga anda. 
    Anda juga bisa mencari nyanyian-nyanyian anak-anak di youtube misalkan saja lagu “topi saya bundar” atau lagu lainnya kemudian diputarkan di layar proyektor dan anak di suruh mengikuti Gerakan yang ada di gambar tersebut. Misalkan ketika kata-kata bundar dan anak disuruh membuat “bundar” menggunakan tangan. Tentu ini menambah keseruan saat melewati masa-masa karantina di rumah dan tentunya anda dan anggota keluarga yang lain tidak merasa bosan. 

    Menonton film dengan menggunakan proyektor

    Kegiatan selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengisi kekosongan waktu ataupun kebosanan yaitu dengan menonton menggunakan proyektor. Anda cukup mendownload ataupun membeli VCD/DVD dan memutarnya menggunakan proyektor. Tentu ini seperti anda menonton di bioskop dan tentunya sangat seru untuk dilakukan. Akan tetapi apabila anda mencari film dan memberi VCD/DVD alangkah baiknya anda melihat terlebih dahulu cuplikan-cuplikan atau adegan filmnya sehingga anak menonton film yang layak dan sesuai dengan umurnya.

    Karaoke dengan menggunakan proyektor

    Karaoke dengan menggunakan proyektor menjadi salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan saat mengisi kebosanan dengan bernyanyi (karaoke) anda bisa mencari lagu di youtube dan menggunakan proyektor. Tentu lirik lagu akan terlihat jelas dan bisa dilihat oleh semua keluarga. Bahkan metode ini merupakan metode yang terbaik untuk mengajarkan anak membaca dengan lagu. Tapi anda tetap harus mencari lagu yang sesuai dengan umur si anak.

    Tetap #DirumahSaja

    Dengan demikian, momen seperti ini harus dimanfaatkan oleh orang tua untuk tetap bisa mengajarkan banyak hal terhadap anggota keluarganya. Dengan begitu berada di rumah (isolasi) sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran virus corona menjadi sesuatu yang menyenangkan dan menjadi waktu yang berkualitas bersama keluarga.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar