• Presentasi dan Kemajuan Teknologi



    Presentasi merupakan suatu kegiatan berbicara di depan orang lain dengan tujuan memberikan informasi, dengan kata lain, presentasi juga dapat diartikan penyampaian topik kegiatan, pendapat, dan informasi kepada orang lain. Tujuan dilakukannya presentasi oleh setiap orang itu bermacam-macam, bisa saja untuk membujuk (menawarkan produk tertentu/ kegiatan bisnis), untuk memberikan informasi (biasanya dilakukan oleh mahasiswa yang mempresentasikan hasil bacaan atau pemahamannya, peneliti atau pakar) memberikan hiburan, memberikan motivasi atau inspirasi kepada pendengar (biasanya dilakukan oleh pimpinan perusahaan kepada karyawan agar bekerja lebih terarah dan maksimal serta mementingkan kualitas) dan masih banyak tujuan lainnya. 

    Presentasi

    Keahlian berpresentasi di depan orang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan dan tidak semua orang mampu melakukannya, sehingga anda yang akan melakukan presentasi haruslah banyak persiapan dan dukungan. Banyak persiapan maksudnya disini yaitu presentasi itu berkaitan dengan kebiasaan, maka semakin sering orang berpresentasi maka kemampuan berprestasi nya akan semakin terasah, apalagi anda baru pertama kali presentasi pastinya akan merasakan gugup atau istilah orang sering disebut dengan “demam panggung”. 
    Hal lain yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu anda yang ingin melakukan presentasi harus memahami materi yang disampaikan dan juga harus tau kepada siapa materi itu disampaikan, hal ini sangat penting karena akan membuat anda memilih bahasa atau kata yang efektif untuk menyampaikan materi, jangan sampai bahasa-bahasa yang digunakan dalam berpresentasi bahasa yang kurang atau bahkan tidak dipahami oleh audiens, misalkan saja terlalu banyak menggunakan atau istilah inggris atau daerah asal anda, sementara audiens atau peserta yang hadir belum tentu memahami dengan baik tentang apa yang anda sampaikan. Dengan begitu, kita bisa mempersiapkan apa saja yang menjadi penting untuk diperhatikan agar informasi yang disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik. Sedangkan dukungan dalam berpresentasi di sini yaitu segala sesuatu yang menjadi faktor pendukung dalam kegiatan presentasi, seperti laptop/ netbook dan juga proyektor agar kegiatan presentasi yang anda lakukan akan berjalan dengan lancar.

    Presentasi dan Kecanggihan Teknologi

    Apalagi di zaman yang sangat modern ini, kegiatan-kegiatan presentasi pastinya dipadukan dengan kecanggihan-kecanggihan teknologi dengan menggunakan proyektor dan software-software presentasi (power point, dll). Sehingga pentingnya proyektor dalam kegiatan presentasi tidak bisa dipandang sebelah mata, sebab menggunakan proyektor dan layar yang besar akan membuat audiens terfokus dan membuat semua orang akan memperhatikannya. Apalagi, orang yang menyampaikan presentasinya juga mampu menampilkan slide-slide menampilkan gambar ataupun video yang mendukung materi yang akan disampaikan. 
    Bayangkan saja jika anda presentasi di hadapan 100 orang peserta dengan menggunakan proyektor 5000 Lumens (EB 2255) dan screen 3x4M pastinya kelihatan lebih elegan dan ditambah lagi dengan penguasaan materi yang baik pasti materi yang anda sampaikan kepada audiens akan lebih menarik dan efektif. Sehingga, menggunakan proyektor dalam kegiatan presentasi sangat berpengaruh terhadap kelancaran dan tercapainya tujuan dari presentasi.

    Proyektor untuk Presentasi

    Agar presentasi menggunakan proyektor tercapai dengan baik, ada hal penting yang harus diperhatikan yaitu kualitas gambar yang dihasilkan proyektor, seringkali gambar yang tampil di layar sangat tidak memuaskan atau tidak maksimal, tentu ini sangat mengganggu dan bisa saja membuat audiens tidak fokus, sedangkan bagi pemateri hal tersebut bisa saja mengurangi rasa percaya diri (PD). Sehingga, cara yang tepat untuk mengetahui apakah proyektor yang digunakan berfungsi dengan baik atau tidak dengan cara mengecek proyektor sebelum dimulainya presentasi, sehingga anda bisa memahami apa yang terjadi sebelumnya, misalkan saja terjadi perubahan gambar yang memudar dan warna berubah, anda masih cukup waktu untuk mengganti proyektor ataupun masih bisa untuk melakukan beberapa perubahan (setting) pada proyektor.
    Selanjutnya, hal yang harus diperhatikan adalah apabila anda sebagai pemateri undangan suatu sekolah, kampus, organisasi dan lain sebagainya yang perlu ditanyakan kepada panitia yaitu tentang proyektor yang akan digunakan dalam presentasi anda, dengan demikian anda bisa mempersiapkan baik dari segi materi yang sesuai dengan audiens, dan juga slide yang akan gunakan, Misalkan saja dalam presentasi yang anda lakukan  menggunakan proyektor yang sudah cukup tua dan kemungkinan hanya bisa menggunakan kompleksitas warna 16 bit, maka anda harus mengubah kompleks yang ada di laptop atau notebook anda dengan kompleksitas 16 bit, bahkan juga sangat penting untuk mengubah resolusinya.  


    Merek Proyektor

    Kemudian anda juga penting untuk memperhatikan merek proyektor dan tipe proyektor yang digunakan dalam presentasi, karena setiap merek dan tipe memiliki perbedaan dan itu harus ada pahami sebelum melakukan presentasi, misalkan saja proyektor merk misalkan Acer X1270N yang hanya ada port VGA saja sehingga anda perlu menyiapkan laptop yang ada port VGA-nya, atau apabila anda memakai laptop pengeluaran baru (biasanya tidak ada port VGA yang ada hanya port HDMI) maka anda bisa menyiapkan atau mintadi siapkan kepada panitia alat tambahan seperti konverter (HDMI ke VGA) atau anda juga bisa menyiapkannya sendiri. Akan tetapi, apabila anda menggunakan proyektor Epson baik EB-X300, EB-X350, EB-X400, EB-X450 bahkan EB2255 (5000 Lumens) atau anda menggunakan Hitachi CP-X5550 (5800 ANSI lumens) tentu anda hanya tinggal menyesuaikan saja karena Epson dan Hitachi dengan tipe sebut memiliki port VGA dan HDMI sehingga anda lebih dimudahkan. 

    Hal selanjutnya yang penting untuk anda perhatikan yaitu windows yang anda gunakan, misalkan saja laptop yang anda menggunakan menggunakan Windows.10 langkah awal yang harus anda lakukan sama seperti laptop menggunakan windows lainnya yaitu menghubungan laptop dengan proyektor menggunakan port kabel VGA atau HDMI, setelah terpasang dengan baik, windows akan mengenali ada perangkat yang terhubung (hardware), lalu Klik tombol Windows di keyboard + P atau bisa juga dengan cara klik kanan pada layar desktop, kemudian pilih screen resolution, kemudian anda bisa memilih beberapa pilihan yang ditampilkan oleh windows.10 yaitu,  PC Screen Only. 
    Apabila anda memilih mode ini maka anda hanya melihat gambar/ tampilan hanya di laptop saja, artinya gambar tidak muncul di layar (screen) proyektor anda. Kemudian ada pilihan mode Duplicate yang artinya gambar yang ada di layar laptop juga akan sama tampilnya pada layar (screen) proyektor. Sedangkan Extend yaitu anda dapat melihat dua tampilan layar di laptop maupun proyektor, serta anda juga dapat melakukan drag dan memindahkan item di antara keduanya,dan yang terakhir yaitu Project Only yang mana hanya menampilkan tampilan pada proyektor dan  gambar tidak tampil di laptop.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar