• BAGAIMANA CARA MEMILIH PASAR?? berikut ulasannya . dengan metode STP

    MEMILIH PASAR SASARAN
    DENGAN SEGMENTING, TARGETING DAN POSSITIONING
    Suber gambar: www.dictio.id

    Halo salam Bisnis, salam sukses ...
    setelah kemarin mimin post tentang Manajemen dan bagaimana menjadi seorang manajer/ pemimpin yang baik, nah kali ini mimin akan bahas tentang bagaimana menjadi Marketing/ seorang pemasar. Khususnya mimin akan membahas untuk memilih pasar sasaran yang tepat dengan metode Segmenting, Targeting, dan Possitioning.

    Saat ini menjamur bisnis-bisnis skala umkm yang mulai menggebrak pasar tradisional , salahsatunya yang menggunakan metode online.  Bagi anda yang masih menjalankan bisnis dengan cara tradisional, maka anda tidak perlu cemas dan khawatir akan kehabisan konsumen, karena “Rizki telah diatur dan sudah ada bagiannya masing-masing” hehe.
    Terlepas dari itu, ternyata banyak cara untuk tetap mempertahankan bisnis kita agar tidak tergerus dengan arus persaingan yang kian ketatnya. Salahsatu caranya adalah dengan menentukan segmenting ( membagi pasar yang luas menjadi kelompok yang lebih kecil), Targeting ( menetukan target pasar), possitioning (memposisikan produk and dibenak konsumen.
    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara MEMILIH PASAR SASARAN, marilah kita bahas dulu teorinya satu-persatu.

    Segmenting (segmentasi)
    Segmentasi adalah usaha untuk membagi suatu populasi menjadi kelompok – kelompok yang dapat dibedakan satu sama lain. Dalam dunia pemasaran segmentasi digunakan untuk membagi pasar yang besar dan heterogen menjadi segmen – segmen yang lebih kecil yang dapat dijangkau secara lebih efisien dan efektif melalui produk dan layanan yang unik sesuai kebutuhan pasar.
    Segmentasi adalah usaha untuk membagi pasar kedalam kelompok-kelompok yang dapat dibedakan satu sama lain dalam hal kebutuhan,karakteristik,atau perilaku yang mungkin akan memerlukan produk-produk dan strategi pemasaran tertentu untuk menjangkaunya.
    Pasar yang tersegmentasi dengan baik dapat dijangkau dan dilayani lebih efisien dan lebih mudah dikelola karena cenderung memberikan respon yang homogen terhadap suatu stimuli (aksi).
    Beberapa variabel pokok yang sering digunakan sebagai pembeda antara lain adalah geografis (perbedaan negara, daerah) , demografis (usia, jenis kelamin, budaya, agama, dll), psikografis (gaya hidup/lifestyle), dan perilaku
    Berikut ada beberapa variabel yang perlu diperhatikan ketika anda akan melakukan segmentasi pasar gan.. ( Menurut Kotler dan Amstrong)

    Segmentasi geografis
    Segmentasi geografis adalah batasan yang mencakup adanya perbedaan Bangsa, negara, daerah, kota, lingkungan.
    Segmentasi demografis
    Sedangkan segmentasi demografi kita bagi menjadi beberapa segmen/ batasan, yaitu: Umur, jenis kelamin, jumlah keluarga, pendapatan, jumlah pengeluaran, pekerjaan, pendidikan, agama, golongan, generasi dan kebangsaan
    Segmentasi psikografis
    Yang selanjutnya adalah segmentasi psikografis, diantaranya Kelas sosial, gaya hidup dan karakter pribadi
    Gaya hidup adalah pola seseorang dalam mengelola waktu dan uangnya.Gaya hidup mempengaruhi perilaku seseorang yang pada akhirnya menentukan pola konsumsi seseorang
    Menurut kasali (1998)
    Pendekatan gaya hidup cenderung mengklasifikasikan konsumen berdasarkan variabel-variabel AIO, yaitu aktifitas, interes/minat dan opini
    Joseph Plumer (1974) menurutnya gaya hidup seseorang dapat mempengaruhi beberapa hal berikut:
    Pola seseorang dalam menghabiskan waktunya
    Minat seseorang
    Pandangan seseorang terhadap diri sendiri dan orang lain
    Karakter-karakter dasar (penghasilan, pendidikan, dan dimana mereka tinggal)

    Segmentasi Perilaku
    Yang terakhir adalah segmentasi perilaku, dimana perilaku ini merupakan hal yang paling dekat hubungannya dengan penawaran yang kita berikan kepada konsumen. Diataranya segmentasi perilaku adalah Pengetahuan, sikap, penggunaan atau tanggapan konsumen terhadap suatu produk.



    Setelah teori kita ketahui saatnya melakukan pembentukan segmentasi menurut beberapa segmentasi pasar diatas.
    Misalkan mimin beri contoh
  • 0 komentar:

    Posting Komentar