• Cara Menghubungkan TV Tuner dengan Proyektor

    Cara Menghubungkan TV Tuner dengan Proyektor
    Cara Menghubungkan TV Tuner dengan Proyektor

    Halo gan.. sist...

    Semoga limpahan Rahmat Yang Maha Kuasa senantiasa menyertai kita. Aamiin. Pada kesempatan kali ini topik yang akan kita bahas mengenai serba-serbi menggunakan proyektor adalah tentang “Bagaimana Cara Menghubungkan TV Tuner dengan Proyektor.” Kami memilih topik ini karena memang penting topik ini kami anggap penting dan masih jarang yang membahasnya hehehe. Gimana menarik kan?


    Ok sekarang kita berangkat dulu dari pertanyaan sederhana yaitu, apakah bisa TV Tuner dihubungkan dengan proyektor? Tentu saja bisa dong, nggak mungkin kalau nggak bisa lalu mimin bahas disini hehe. TV Tuner merupakan sebuah perangkat keras (hardware) yang bisa terhubung dengan komputer atau monitor, yang fungsi utamanya yaitu untuk menangkap sinyal analog televisi dari berbagai macam stasiun TV nasional dan membawa sinyal tersebut ke monitor untuk ditampilkan. Sehingga kita bisa menikmati siaran stasiun televisi tidak melalui televisi melainkan monitor atau proyektor dengan bantuan dari TV Tuner.

    TV Tuner sendiri memiliki dua tipe, yaitu TV Tuner Internal dan TV Tuner  Eksternal.

    TV Tuner tipe Internal

    Tv Tuner Internal hanya bisa beroperasi jika komputer yang digunakan masih dalam keadaan hidup dan menyala. Pada saat komputer atau laptop mati, secara otomatis TV Tuner tipe ini juga akan mati. Kelebihan yang dimiliki dari TV Tuner tipe Internal ini yaitu kita bisa merekam siaran yang berlangsung melalui komputer kita, sehingga suatu saat jika kita mau memutarnya lagi, file berformat video sudah terekam di komputer kita. Selain itu TV Tuner ini juga lebih praktis dan ringkas, sehingga dapat kita bawa kemana-mana.

    TV Tuner Eksternal

    TV Tuner Eksternal yang membutuhkan monitor atau proyektor saja untuk memanfaatkan atau menggunakanya. Sehingga kalau anda punya Monitor yang nganggur, ini bisa menjadi alternatif untuk memanfaatkan monitor yang anda miliki.

    Sebelum kembali ke judul ada yang perlu kami tambahkan, yaitu mengenai jenis TV Tuner yang hadir di sekitar kita. Seperti halnya perangkat keras lainya, dalam hal pembuatanya tentu TV Tuner juga memiliki beberapa jenis.

    Pertama adalah jenis combo, yang mana jenis ini lebih berbertuk seperti box yang terdiri atas port output Vga dan RCA. Secara tidak langsung TV Tuner ini bisa kita masukan kedalam tipe yang eksternal.

    Untuk menggunakannya kita memerlukan antena sebagai penangkap sinyal analog dari saluran televisi yang ada. Kualitas antena dan posisi antena sangat berpengaruh pada gambar yang nantinya akan di hasilka. Penempatan antena yang tepat selain bisa membuat gambar menjadi lebih bagus juga bisa memungkinkan untuk membuat saluran Televisi lebih banya.


    Kedua
    adalah jenis TV Tuner card, yang mana kita hanya bisa menggunakanya jika kita memasang tuner card tersebut di motherboard dan menginstal driver dan softwarenya dikomputer kita. Yang berperan penting disini adalah kualitas komputer, sehimgga ketika kita instal tidak terjadi lag atauoun eror sytem.

    Ketiga yaitu TV Tuner Mini, TV Tuner ini dinamakan tMini karena memang bentuknya yang sangat sederhana dan mudah dibawa kemana-mana. TV Tuner jenis ini cocok untuk dipasangkan di notebook atau laptop anda.


    Dari ketiga jenis di atas, ada dua jenis TV Tuner yang bisa kita hubungkan dan sambungkan ke proyektor, yaitu TV Tuner combo dan TV Tuner mini. Mari kita mulai pembahasan yang tertera pada judul, yaitu “Bagaimana cara kita menghubungkan kedua TV Tuner tersebut ke proyektor? Mari kita bahas dari yang TV Tuner combo terlebih dahulu.
    Cara menghubungkan TV Tuner Combo dengan Proyektor
    Cara menghubungkan TV Tuner Combo dengan Proyektor

    Menghubungkan TV Tuner Combo ke Proyektor

    Jika anda belum pernah melihat atau belum pernah tahu bentuk TV Tuner Combo ini, maka gambar TV Tuner jenis Combo ini nampak seperti gambar di atas. TV Tuner ini memiliki dua port output yang bisa kita manfaatkan, yaitu port VGA dan port RCA. Sehingga jika kita menginginkan untuk menghubungkanya dengan proyektor yang kita miliki, cukup sediakan kabel VGA atau RCA.


    Berikut kami sajikan langkah-langkah untuk menghubungkan TV Tuner dengan proyektor

    1. Siapkan proyektor dan TV Tuner Combo
    2. Siapkan antena yang fungsinya sebagai penangkap sinyal analog
    3. Siapkan stop kontak minimal dua output arus AC dengan rincian yang pertama untuk power proyektor dan yang kedua untuk power TV Tuner
    4. Nyalakan TV Tuner dan proyektor
    5. Pasang antena pada TV Tuner dan letakkan pada tempat yang memang kualitas sinyalnya bagus
    6. Siapkan kabel yang akan gunakan sebagai pembawa sinyal dari TV Tuner ke Proyektor, bisa kabel VGA atau kabel RCA
    7. Pasangkan salah satu kabel dari dua kabel tersebut.
    8. Masukkan VGA ke port VGA Out di TV Tuner dan kencangkan skrup di VGA
    9. Sambungkan kabel VGA tersebut ke prot kabel VGA In di proyektor
    10. Jika berhasil, silahkan scan channel televisi.
    Penggunaan TV Tuner ini sangat cocok saat event-event olahraga yang pertandingannya ditampilkan di saluran televisi. Misalnya liga-liga bola (liga champion, piala dunia, pala asia, aff, afc dsb).
    Kasus yang datang belakangan ini adalah saat event-event tersebut berlangsung, banyak orang menginginkan untuk nonton bareng akan tetapi Televisi yang dimiliki tidak suport untuk output. Memang sudah kita ketahui terkadang ada juga TV yang hanya bisa input tanpa bisa output, biasanya adalah tipe TV tabung zaman dahulu, dan akibatnya saluran tidak bisa ditampilkan di hardware output yang lain. Dan disini yang menjadi alternatif paling mudah adalah TV Tuner tadi.
    Lalu ada pertanyaan lagi seperti ini “lah gan kan kita nggak selalu butuh nih dengan tv tuner, kita butuh hanya tertentu saja percuma dong kita beli, mending gimana?” Oke sebenarnya baran apapun yang kita beli atau belanjakan asal kita bisa memanfaatkan tidak ada yang namanya kata sia-sia atau percuma.

    Kata percuma itu muncul karena kita yang belum bisa memanfaatkanya saja. Jika memang itu membuat berat anda, Mungkin lebih baik sewa saja daaaah. Kelebihan menyewa yaitu kita lebih hemat dan tinggal pakai. Sewa proyektor dan TV Tuner.

    Mungkin ini dulu guys tips cara menghubungkan TV Tuner dengan Proyektor, Semoga artikel ini bermanfaat. Jika serasa masih ada yang perlu ditambahkan, jangan segan untuk memberikan komentar di kolom bawah.  Karena kami sadar masih tidak ada ciptaan manusia itu yang sempurna.

  • 1 komentar:

    1. Mau tanya nih gan..
      Saya punya proyektor tapi gak ada port in nya.. Atau port out nya..
      Maksud sy tidak ada tulisannya..
      Tapi ada port vga ada port disitu..
      Gmn cara memasangnya..
      Trims..

      BalasHapus