• Macam-macam Kerusakan pada LCD Proyektor dan Cara simpel Memperbaikinya

    HAADUH..!! PROYEKTOR KU RUSAAK???


    Sangat menggaggu pastinya ketika proyektor yang kita sedang pakai kemudian bermasalah. Bisa juga kerusakan ini terjadi karena penggunaan yang tidak seusai prosedur dan ketentuan. Yang secara tidak sadar mungkin membuat proyektor anda rusak perlahan. Mungkin ulasan dibawah ini bisa sedikit membantu memecahkan kebuntuan kamu dalam menghadapi beberapa masalah proyektor yang sering muncul.
    • Proyektor Nyala Sebentar Kemudian Mati


    Jika proyektor kamu mati secara tiba-tiba dan tidak mau menyala lagi, dimungkinkan ada masalah dengan power supply, software, ic regulator, atau system proyektor nya tuh. Dalam beberapa kasus ada yang disebabkan karena kerusakan sirkuit internal juga. Bisa dilakukan pengecekan untuk mengatahui lebih pastinya. kemudian juga untuk mencegah kemungkinan terjadi kerusakan tersebut, bisa dilakukan pembersihan menyeluruh kebagian yang sulit dijangkau, dengan rutin. Tetapi jika tidak mampu sendiri, sebaiknya diperbaiki ke ahlinya.


    • Sinyal Tidak Dapat Ditampilkan



    sering ada beberapa pengaturan tampilan yang mungkin tidak bisa connect atau mungkin tidak kompatibel dengan Proyektor yang kamu gunakan. Resolusi 1280x800 adalah tipe yang ada pada sebagian besar proyektor.
    Jika pengaturan khusus itu (mengubah resolusi) tidak berfungsi, cobalah setiap pengaturan dalam urutan sampai kamu menemukan satu yang dapat diterima untuk  masalah yang kamu alami.

    • Proyektor Berubah Warna

    Perubahan warna proyektor adalah satu masalah yang paling umum terjadi. jika proyektor kamu menunjukan warna merah, kuning, merah, biru dan ungu di sepanjang pemakaian atau sebagaian pemakaian, biasanya di sebabkan karena Pada bagian konektor kabel VGA mengalami kerusakan. bisa diatasi dengan membeli kabel VGA di toko komputer atau elektronik. Atau, hal ini juga Bisa
    dikerenakan kerusakan RGB atau pada transistor warna. Untuk mengatasi ini kamu bisa menghubungi tenaga yang lebih ahli.

    • Debu, bintik dan gelap pada tampilan layer

    Titik pada layar adalah hal yang paling mempengaruhi kualitas dari apa yang diproyeksikan, biasanya disebabkan oleh debu didalam body dan lensa proyektor.
    jika titik-titik berwarna berarti debu telah menempel pada modul warna proyektor, bisa diperbaikai dengan cara membersihkan proyektor dari debu.
    Jika pemebersihan belum mampu menyelesaikan masalah mungkin ada kerusakan yang lebih parah. seperti bisa juga disebabkan oleh kerusakan prisma optik atau kerusakan optikal
    blok akibat benturan atau Proyektor pernah terjatuh.

    • Proyektor Overheat

    Apakah proyektor kamu mengalami peningkatan suhu dengan cepat???, proyektor adalah sebuah alat yang bekerja dengan suhu yang tinggi dapat mengahsilkan suhu kurang lebih 200-300 derajat pada saat beroprasi.
    Pastikan untuk menjaga area setempat cukup untuk aliran udara proyektor, pastikan juga proyektor anda bersih tidak berdebu, proyektor yang kotor dapat mengganggu bekerjanya kipas pendingin.
    Jika proyektor terlalu panas, maka dapat menyebabkan mesin proyektor berhenti secara tiba-tiba dan lampu bisa meleleh atau bahkan bisa meladak.

    • Proyektor Menyala tetapi Tidak Ada Gambar

    Jika proyektor kamu dapat dihidupkan tapi tidak mendapatkan gambar, pastikan bahwa kabel yang kamu hubungkan terhubung dengan benar.
    Jika ini semua baik-baik saja, maka kemungkinan besar Anda memiliki masalah pada unit ballast atau pada lampu itu sendiri. Unit ballast lampu inilah yang memberikan daya ke lampu.
    Jika unit ballast lampu menyala, maka kemungkinan besar lampu juga akan menyala.

    Jika anda ingin menggantinya, makan anda bisa membelinya di toko terdekat. Hrga bervariasi pada tergantung pada unitnya


    • Proyektor tidak lagi terang atau meredup cahayanya
    Masalah ini terjadi biasanya karena cahaya didalam ruangan anda sendiri yang terlalu besar intensitasnya. Bisa juga dikarenakan penggunaan proyektor yang terlalu lama, sehingga menghabiskan umur lampu proyektor. kamu dapat mengganti lampu proyektor kamu ketempat service sesuai dengan jenis proyektor yang kamu pakai.

    • Proyektor Memiliki Lampu Berkedip

    Lampu status hijau atau merah yang terus-menerus berkedip dapat menunjukkan salah satu dari beberapa pesan sistem. Tergantung pada merek dan model proyektor, lampu status yang berkedip mungkin berarti saatnya untuk mengganti lampu, proyektor terlalu panas, atau perlu dibersihkan.

    Jika cahaya status disertai dengan masalah power-on, maka ini mungkin menunjukkan masalah yang lebih signifikan seperti kegagalan main board, kegagalan ballast, atau kebutuhan penggatian kipas angin sehingga menyebabkan Bunyi mengganggu didalam proyektor.

    • Proyektor Tidak Mati saat Tombol Power ditekan

    Masalah umum lainnya dengan proyektor LCD adalah bahwa LCD tidak akan mati ketika tombol power off ditekan. Penyebab utama masalah teknis ini adalah pemasangan lampu yang tidak pas. Untuk mengatasi masalah ini, pasang kembali dan sesuaikan rakitan lampu. kamu biasanya dapat memperoleh instruksi instalasi dari buku manual pemilik. Jika masalah masih berlanjut bahkan setelah semua penyesuaian yang diperlukan dilakukan, hubungi teknisi terkait untuk mangatasi masalah tersebut.

    • Remote Control Infra Merah Tidak Berfungsi

    Remote control proyektor LCD yang tidak berfungsi mungkin disebabkan oleh beberapa faktor.
    Salah satu dikeranakan oleh baterainya sudah lemah dan perlu diganti, alasan lain adalah kamu mungkin menggunakannya lebih dari kisaran jarak yang disarankan. Salah satu alasan lainnya adalah kamu melakukan presentasi dengan lampu neon. Ini menonaktifkan fungsi remote control infra merah.

    • Kualitas Gambar Buruk

    Terkadang kamu mungkin melihat gambar yang berkualitas rendah; masalah ini dapat disebabkan oleh resolusi komputer yang tidak sesuai. Banyak model proyektor LCD baru dilengkapi dengan fitur pengaturan otomatis yang langsung menyelaraskan resolusi proyektor ke resolusi komputer. Namun, mungkin ada kesempatan di mana proyektor tidak dapat menyesuaikan dengan resolusi laptop atau komputer, sehingga mempengaruhi kualitas gambar yang ditampilkan.
    Untuk mengatasinya, sesuaikan resolusi komputer atau laptop hingga gambar membaik. Cobalah mematikan tunggu 90 detik kemudian nyalakan lagi.
    Jika belum teratasi juga bisa juga disebabkan karena kualiatas umur lampu yang sudah lama.

    • Warna di Sekitar Tepi Gambar

    Ini mungkin terjadi pada proyektor LCD jika prisma LCD rusak. Prisma LCD adalah komponen mahal pada proyektor dan hanya boleh dipikirkan jika benar-benar diperlukan.
    Ada warna disekitar tepi gambar: Hal ini dapat terjadi pada proyektor LCD dan disebabkan oleh prisma LCD yang salah. manggati prisma cukup mahal harganya, mungkin jalan terbaik satu-satunya adalah dengan membeli proyektor yang baru.
    Proyektor aktif tetapi tidak ada gambar Jika proyektor Anda dapat dihidupkan, maka tidak mendapatkan gambar, pastikan bahwa kabel
    yang Anda hubungkan terhubung dengan benar. Jika ini semua baik-baik saja, maka kemungkinan besar Anda memiliki unit ballast atau lampu itu sendiri. Unit ballast lampu inilah yang memberikan daya ke lampu. Jika unit ballast lampu menyala, maka kemungkinan besar
    lampu juga akan menyala. 

    • Gambar Tidak Ditampilkan Sepenuhnya

    Kadang-kadang pengguna tidak melihat gambar sepenuhnya dipancarkan oleh LCD proyektor. Anda mungkin menemukan bahwa bagian bawah gambar terpotong atau teks memiliki bagian yang hilang. Masalah ini dapat diperbaiki dengan menyelaraskan resolusi komputer ke resolusi proyektor.
    Menyesuaikan resolusi dapat menjadi rumit dengan laptop, terutama jika resolusi standarnya melebihi resolusi proyektor.
    Jika Anda masih tidak mendapatkan gambar penuh bahkan setelah penyesuaian telah dilakukan pada resolusi laptop, Anda mungkin harus menonaktifkan desktop laptop Anda.

    • Proyektor Berkekuatan tidak Menentu

    Masalah ini biasanya disebabkan oleh pamasangan unit lampu yang tidak tepat posisinya.
    Sebaiknya lakukan pemasangan ulang pada lampu dengan benar. Jika masalah ini belum teratasi mungkin ada kendala lain yang lebih serius yang harus di konsultasikan dengan ahlinya.

    • Kipas Tidak Berputar


    Hal ini biasanya jarang disadari oleh pemilik proyektor. Kipas pendingin yang tidak mau berputar sangat mempengaruhi suhu proyektor. Biasanya disebabkan oleh propeller fan yang sangat berpengaruh pada kebersihan proyektor jika terdapat debu didalamnya maka kipas akan tersedat atau bahkan tidak berputar solusinya adalah membersihkan dengan cara yang benar.

    Lampu proyektor sering kali mudah putus atau mati. Biasanya disebakan karena cara menghidupkan dan menyalakn dengan cara sembarangan. Misalnya dengan langsung mencabut aliran listrik ketika proyektor masih nyala.
    Maka saran kami adalah, gunakan proyektor sewajarnya agar lampu tidak mudah putus, jika lampu rusak kamu harus manggatinya dan tidak mungkin untuk diperbaiki ulang.

    • Permasalahan Kabel HDMI atau VGA yang TidakTerhubung


    Periksa koneksi VGA dan HDMI kamu terlebih dahulu. Pastikan tidak ada titik bengkok pada kontak di salah satu koneksi. Saat kamu memasang hard drive eksternal ke komputer kamu, sebagian besar komputer mengenali perangkat. Jika laptop kamu tidak bersuara saat mencolokkannya, tidak muncul, pastikan kembali laptop dan perangkat kamu kompatibel.
    Bisa juga perangkat proyektor mungkin tidak mengenali perangkat komputer atau laptop kamu yang sudah tua.

    • Proyektor Mati Total

    Masalahnya bisa terjadi kerana pemasangan kabel yang tidak tersambung dengan listrik. Bisa juga karena kabel sambungan sudah mangalami kerusakan atau longgar pada colokan.
    Atau dikarenakan ballast atau power suplay, serta bisa juga lampu indikator. Segeralah bawa ketempat service terpercpercaya agar proyektor dapat segera di perbaiki.
    .

    Jika sahabat Tidak ingin Ribet dan susah mengurus Proyektor, maka sobat Bisa menyewa saja Proyektor ketika sedang dibutuhkan saja.
    Sehingga akan lebih mudah dan simpel. Juga sobat tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatan,.

    Untuk sewa bisa hubungi: 0877-0554-3703
    Klik Link: Chat wa

    IG: @sewaproyektorjogja
  • 3 komentar:

    1. Wah mantap nih, buat Sumpena kalau Proyektor ane rusak.. izin bookmark yah..

      BalasHapus
    2. knapa proyektorku kabel rca di colokan k vidio di pegang?yetrum

      BalasHapus