• 10 Hal yang Kamu Harus Lakukan Sebelum Kamu Membeli Proyektor


    Pengen beli proyektor tapi bingung?? kalo sekedar beli nanti takut salah lagi. 
    Ingin beli yang gimana ya, takut tidak sesuai harapan padahal harganya mahal. 
    banyak sekali pertimbangan mungkin buat kamu yang mau membeli proyektor tapi bingung mau yang bagaimana. 
    Seiring perkembangan teknologi, proyektor juga hadir dengan barbagai varian merk dan model. Meskipun sekarang kebanyakan proyektor sudah bisa melakukan banyak hal tapi tentunya pasti tetap ada pilihan tersendiri sesuai yang kamu butuhkan. 

    Berikut adalah Hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum membeli proyektor.
    1. Jenis kegunaan proyektor
      pertama, jenis Home teater projector. menekankan kualitas gambar yang tinggi dengan warna hitam dan saturasi warna yang kaya, dimana menstimulasikan ruangan yang gelap seperti layaknya di bioskop, Pilihlan home teater proyektor dengan kecerahan yang tinggi yang dapat meningkatkan kualitas gambar di layar. Kedua, Proyektor untuk bisnis. Jika kamu marencakan proyektor untuk rapat, presentasi atau diletakan didalam kelas, atau pertemuan lainnya. Pilihlah proyektor bisnis dimana proyektor ini lebih terang dari pada proyektor untuk home theater karena proyektor ini tentunya harus bekerja lebih baik dengan cahaya dari ruangan dan jendela. proyektor yang juga di rancang untuk menampilkan gambar stastis atau slide show power point serta berguna juga untuk hiburan dan multimedia. sebagai besar proyektor bisnis dilengkapi dengan port HDMI yang dapat dihubungkan dengan laptop kamu. Pilihlah proyektor dengan tampilan yang baik meskipun dalam keadaan ruangan penuh cahaya. Proyektor ini memiliki ukuran yang relatif kecil dan mudah di bawa untuk berpergian, mudah di atur dan disesuaikan, mudah di hubungkan dengan laptop atau perangkat lainnya. Jika anda ingin proyektor yang praktis bisa dibawa kemana saja dengan mudah?, anda bisa menggunakan jenis proyektor yang lebih kecil, seperti pico proyektor. Dimana kamu bisa memabwanya hanya dengan tangan atau menyimpannya dalam tas, cukup ringkas untuk dibawa tapi dapat menghasilkan gambar yang kuat, sehingga sangat berguna bagi kamu yang sering bepergian. Proyektor ini dapat digunakan untuk pertemuan beberapa orang, atau ingin menonton film di rumah juga bisa. Sehingga kamu bisa memasangnya di dalam maupun luar ruangan. Pilihlah yang ringkasa dan mudah di bawa, mudah diatur dan dibawa kemana saja. Pico Proyektor ini tentu akan sangat mempermudah presentasi mu dimana saja dan kapan saja.
    2. Tipe proyektor 
      Hal kedua yang harushkamu ketahui lebih dulu sebelum membeli  proyektor adalah pada tipe Proyektor. Tipe ini didasarkan pada dua jenis tipe yaitu teknologi DLP (Digital Light Processing) atau LCD (Liquid Crystal Display). dimana keduanya dapat menampilkan gambar yang tajam serta akurat. Dan tentunya masing- masing memiliki kelebihan tersendiri.
      Keuntungan teknologi DLP ini memungkinkan untuk proyektor yang ringan dan ringkas seperti pico proyektor, gambar seperti tampilan pada dvd, blueray atau HDTV. Warna hitam lebih dalam dari pada LCD, mendukung rasio Layar lebar (16:9) Standart Rasio (4:3) dan tentunya memiliki kontras warna yang tinggi. 3-Chip pada model premium DLP memugkinkan kualitas gambar yang lebih baik.
      Keuntungan teknologi LCD  bisa digunakan untuk ruangan yang lebih terang. Teknologi LCD memiliki kecerahan warna yang mengesankan, tampilan lebih terang untuk detail garafik dan presentasi data, gambar 3D yang tanpa ghosting, lebih hemat energy di banding DLP, memiliki mesmn yang lebih tenang dari pada DLP dan kebanyakan sudah menyertakan 3-Chip untuk kualitas gambar yang lebih tinggi.
      .
    3. Resolusi gambar sebelum anda memutuskan Proyektor mana yang akan anda pilih, maka anda juga harus memperhatikan mengenai resolusi yang diinginkan. Resolusi tersebut dapat difahami dibawah 
      Format rasio home teater 
      - Format 4:3 Direkomendasaikan untuk film dari televisi atau DVD
      - Format Wide Screen 6:9 Direkomendasikan untuk DVD dan format blue ray
      - Format Cinemascope 2,35:1 / 2.4:1 Di rekomdasikan untuk lensa anamorphic (lensa yang dapat meregang                                            Format bisnis format SVGA 800x600 piksel dan untuk XGA 1024 x 768 piksel cocok untuk presentasi power point. Adapun jika ingin resolusi yang lebih tinggi bisa menggunakan SXGA 1400 x 1050 piksel cocok untuk grafis dan fotografi dengan rasio aspek 16:9. Kemudian untuk rasio 1280 x 800 bisa untuk laptop dan layar lebar. Resolusi paling umum untuk home tater adalah 1080p (1920 untuk horizontal pixel x 180 untuk vertical pixel) dan 4k untuk kamu yang ingin menampilakn film dengan Ultra HD dan acara yang membutuhkan ketajaman tinggi. Resolusi yang besar, semakin tinggi jumlah pixel yang di hasilkan dan semakin tajam juga gambarnya, ini sangat penting untuk ukuran layar, dengan resolusi yang makin tinggi juga menghasilkan gambar yang baik seperti dari PS4 atau gambar blue ray.
    4. Kecerahan
      Kecerahan bukanlah masalah besar bagi kamu yang ingin memiliki home teater pribadi,
      kecerahan dalam proyektor di ukur dalam ANSI lumens. kamu bisa menggunakan lumes antara
      1000 -3000 lumens sebenarnya sudah cukup untuk ruangan yang gelap. Untuk bisnis antar 12-30 orang kamu bisa menggunakan proyektor berkisar antar 2.000 hingga 3.000 lumens dengan
      Cinemascope Rasio (2.35:1 atau 2.4:1) ruangan yang cukup terang, untuk pendidikan dan bisnis dengan jumlah orang 30-80 orang kamu 3000-4000 lumens dengan lampu yang tetap masi menyala dan dengar layar kurang lebih selebar 4m. untuk menggunakan untuk di luar ruangan bisa kamu menggunakan 5000 hingga 10000 lumens.
    5. Kontras rasio
      Adalah bagian dari projector untuk mengukur tingkat paling terang  dan tingkat paling gelap cahaya yang dihasilkan. Kontras rasio dapat diatur dalam setingan projector sehingga anda dapat menyesuaikan dengan keadaan cahaya di ruangan. makin terang suatu ruangan maka kontras akan makin dikurangi begitu juga sebaliknya
    6. Lampu proyektor                                                Lampu proyektor adalah bagian dari proyektor yang bagi kebanyakan orang adalah hal paling penting. karena harga lampu hapir tiga perempat dari harga proyektor itu sendiri, standar umur lampu adalah 3000-4000 jam. jika proyektor di lengkapi dengan mode economis kamu dapat menggunakannya dan bisa bertahan kurang lebih hingga 5000jam. Untuk LED dapat bertahan hingga 20.000jam kelebihannya juga pada LED yaitu warna lebih baik dari pada lampu standar, selain itu, LED lebih hemat energi jadi tidak memerlukan kipas didalam projector, lampu LED ini biasanya terdapat pada pico projector. Selain lampu ada juga yang menggunakan laser tapi masih sangat jarang ditemui. keunggulannya adalah lebih hemat energi, kontras lebih baik dari lampu standart, tidak perlu melakukan penggantian bohlam lampu dan lebih tahan.
    7. Konektivitas
      Projector juga dapat terkoneksi dengan peralatan elektronik lainnya seperti laptop, tv kabel, komputer, game konsol, dvd, tv tunner, dll.
      Dengan adanya prot HDMI kamu bisa menghubungkan proyektormu untuk laptop, game konsol, tv kabel, dan pemutar video blue ray. Sedangkan port VGA atau video grapich array bisa menyambungkan projectormu ke berbagai laptop dan komputer. Dengan audio jack 3.5mm akan memungkink untuk menyabungkannya kepada speaker, headphone, desktop speaker, dan juga laptop. Beberapa projector juga dilengakapi oleh  bletoot sehingga dapat terhubung tanpa harus menggunakan kabel. jika kamu memiliki headphone bluethoot akan sangat menyenangkan melihat home teather tanpa gangguan suara dari luar.
    8. Pemasangan
      Jika kamu hanya ingin meletakan proyektormu dan yang penting keluar gambarnya maka kamu
      tidak perlu repot untuk memperhitunga rasio jaraknya. Jika kamu ingin mengisi layar kamu dan
      yang disesuaikan dengan ruangan di mana proyketor kamu dielatakn makan bisa kamu lihat
      itungan rasio berikut. Jika throw ratio 1:1 dan layar selebar 1m maka kamu harus melatakan layar sejauh 1m (1,1x1 = 1,1), jika layar kamu 2,5m dan trow rasionya 1.5 proyektornya harus diletakkan sejauh 3.75m. mudah bukan. Jika memang keadaan ruangan tidak sesuai dengan throw ratio untuk meletakan proyektor ukuralah terlebih dahulu jarak ruangnya lalu baru dibagi dengan lebar layar dan kamu bisa memilih proyektor mana yang paling mendekati throw ratio tadi. Jika tembakan proyektor sudah bisa memenuhi layar itu berarti penempatan proyektor kamu sudah pas pada jaraknya.
    9. Garansi
      Setiap merek dan jenis proyektor pasti memilki tingkat layanan dan kualitas berbeda. Pastikan dulu apakah proyektor yang anda akan beli memiliki garansi atau tidak. Garansi ini akan sangat berguna jika nantinya terjadi berbagai kerusakan. Sayang sekali jika nanti sudah terbeli ternyata tidak terdapat garansi di dalamnya.
    10. Berbicara pada ahlinya
      Jika masih membuat kamu benar –benar kebiungan dan belum paham tentang Proyektor ini, kamu bisa berbicara pada orang yang paham tentang proyektor yan sesuai dengan kebutuhanmu.
      Semoga ulasan tadi bermanfaat bagi kalian semua yang sedang mencoba mencari proyektor yang pas untuk kamu semua. Sudah punya pilihan yang mana yang kamu butuhkan? Yang setelah dapat proyektor yang kamu mau pastinya harus rajin di rawat biar umur proyektor tetap awet.

    Dan kalau sobat sekalian mau konsultasi mengenai proyektor, atau mau membeli Proyektor bisa melalui kami yah.

    Dan, Jika Sobat mau Sewa Proyektor bisa langsung aja hubungi kontak kami di info web ini, atau hubungi langsung:
    0877-0554-3703
    Klik link: Booking
    Kunjungi  juga Instagram kita untuk melihat dokumentasi acara:
    @sewaproyektorjogja / Klik: Instagram Akbar Multimedia
    .
    Terimakasih. Please comment untuk perbaikan.
  • 5 komentar:

    1. Sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya. Dan memang perlu kita tahu dahulu sebelum membeli proyektor yg saat ini semakin inovatif... Mantap AKBAR MULTIMEDIA

      BalasHapus
    2. Mantap kawan, sangat bermanfaat artikelnya :)

      BalasHapus
    3. Artikel seperti ini yang kami tunggu min, maaataaap, sangat bermanfaat

      BalasHapus
    4. Panduannya lengkap nih..
      Mantap

      BalasHapus
    5. min tambha lagi dong artikelnya.. buat referensi nih

      BalasHapus